Apa Itu NATO, Bagaimana Sebuah Negara Bergabung dan Mengapa Putin Peduli

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:45 WIB
loading...
Apa Itu NATO, Bagaimana Sebuah Negara Bergabung dan Mengapa Putin Peduli
Presiden Rusia Vladimir Putin menentang ekspansi militer NATO ke Eropa Timur. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Ratusan ribu tentara Moskow dikerahkan di dekat perbatasan Ukraina dan memicu kekhawatiran akan invasi. Namun, inti permasalahan yang sebenarnya adalah kekhawatiran Presiden Rusia Vladimir Putin tentang ekspansi NATO ke wilayah Eropa Timur.

NATO atau North Atlantic Treaty Organization adalah aliansi keamanan yang didirikan pada tahun 1949 untuk melindungi Eropa dari serangan Soviet selama Perang Dingin. Pemimpin aliansi itu saat ini adalah Amerika Serikat (AS).

Dari 14 negara yang berbatasan dengan Rusia, lima sudah bergabung atau menjadi anggota NATO.

Mengutip Bloomberg, Jumat (28/1/2022), Ukraina termasuk di antara negara-negara yang juga berharap untuk bergabung dengan aliansi itu. Tapi itu tidak secepat atau semudah kedengarannya.

Ukraina Resmi Minta Gabung NATO?

Ya. Ukraina mendaftar untuk bergabung pada 2008. Itu tepat sebelum pertemuan puncak di Bucharest, ketika NATO mengatakan bahwa Ukraina dan Georgia akan bergabung dengan aliansi itu, tetapi tanpa menetapkan tanggal tertentu.



Georgia juga telah mendaftar untuk masuk. Begitu juga dengan Bosnia-Herzegovina, meskipun ada terlalu banyak perpecahan domestik di sana untuk membuat ini menjadi prospek yang realistis dalam waktu dekat.

Berapa Negara Anggota NATO?

Keanggotaannya telah berkembang dari 12 menjadi 30 negara, dengan North Macedonia (Macedonia Utara) yang paling baru bergabung, pada tahun 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)