Ngerinya Serangan Udara di Penjara Yaman: 70 Tewas, Mayat-mayat Hancur

Sabtu, 22 Januari 2022 - 15:10 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyerukan ketenangan di kedua belah yang berkonflik setelah serangan di Yaman dan serangan di Ibu Kota UEA.

"Amerika Serikat meminta semua pihak dalam konflik untuk mengurangi eskalasi, mematuhi kewajiban mereka di bawah hukum humaniter internasional, dan berpartisipasi penuh dalam proses perdamaian inklusif yang dipimpin PBB," katanya dalam sebuah pernyataan kemarin.

Respons Proporsional

Uni Emirat Arab bersikeras bahwa mereka dan anggota koalisi lainnya tetap berkomitmen untuk memberikan respons yang proporsional terhadap serangan Houthi.

“Koalisi berjanji untuk mematuhi hukum internasional dan tanggapan yang proporsional dalam semua operasi militernya,” kata Duta Besar UEA untuk PBB Lana Nusseibeh.

Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengutuk serangan teroris keji oleh pemberontak Yaman, tetapi dalam sebuah pernyataan sebelum pertemuan kepresidenan Norwegia dewan juga mengutuk keras kekerasan terbaru.

“Itu tidak dapat diterima,” kata Duta Besar Norwegia Mona Juul tentang serangan itu, menyerukan “de-eskalasi dan pengekangan”.

Dalam pernyataan selanjutnya, PBB mengatakan Guterres mengingatkan semua pihak bahwa serangan yang ditujukan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil dilarang oleh hukum humaniter internasional.

Kelompok Doctors Without Borders mengatakan rumah sakit di Saada kewalahan setelah serangan di penjara, di mana rumah sakit itu menerima 70 orang tewas dan 138 orang terluka.

"Dua rumah sakit lain telah menerima banyak yang terluka dan saat malam tiba, puing-puing masih dicari," kata badan bantuan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)