Israel Latihan Jet Tempur Siluman F-35, Diduga Ditujukan pada Iran

Sabtu, 22 Januari 2022 - 00:36 WIB
loading...
Israel Latihan Jet Tempur Siluman F-35, Diduga Ditujukan pada Iran
Jet tempur siluman F-35 Israel. Militer Zionis melakukan latihan pengerahan jet-jet tempur termasuk F-35 yang ditujukan pada Iran. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel telah mengadakan latihan pengerahan jet tempur canggih dan pengisian bahan bakar di udara. Manuver yang melibatkan jet tempur siluman F-35 ini diduga ditujukan untuk Iran .

Latihan pengerahan jet-jet tempur yang berlangsung di atas Laut Mediterania tersebut dilaporkan surat kabar Elaph milik Arab Saudi, Kamis, dan dilansir Times of Israel, Jumat (21/1/2022).

Itu terjadi sebulan setelah New York Times mengungkapkan pesawat tanker baru pasokan Amerika Serikat yang dianggap sebagai kunci ancaman Tel Aviv terhadap Iran tidak akan tiba sebelum akhir 2024.



Elaph yang berbasis di London menggambarkan manuver udara pada hari Kamis oleh kontingen yang luar biasa besar dari pesawat tempur F-15, F-16 dan F-35, serta pesawat tanker pengisian bahan bakar udara Boeing.

Negara Yahudi itu telah mengancam akan mengambil tindakan militer guna menghentikan program nuklir Teheran.

Mengutip sumber Arab yang tidak disebutkan namanya, Elaph melaporkan bahwa manuver besar-besaran terjadi di atas Laut Mediterania. Pejabat pertahanan Israel, yang jarang mengomentari laporan asing, tidak dapat dihubungi.

Penggunaan armada pengisian bahan bakar udara Israel yang sudah tua akan menjadi indikasi terkuat bahwa Israel sedang merencanakan serangan terhadap fasilitas nuklir Iran, atau ingin memproyeksikan ke Teheran dan seluruh dunia yang sedang dipersiapkannya.

Israel jarang memamerkan penggunaan pesawat pengisian bahan bakarnya dalam latihan di depan umum.

Pada tahun 2013, pesawat tanker pengisian bahan bakar di udara digunakan secara publik sebagai bagian dari latihan besar yang melibatkan hampir semua skuadron udara yang berlatih untuk menyerang target jarak jauh, dengan latar belakang ketegangan yang sama dengan Iran.

Saat itu, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengunggah video ke YouTube yang menunjukkan jet tempur F-15 dan F-16 mengisi bahan bakar di udara di atas laut, setelah latihan, yang dilaporkan berlangsung di dekat Yunani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0848 seconds (0.1#10.140)