AS Rilis Video Serangan Drone yang Tewaskan 10 Warga Afghanistan

Kamis, 20 Januari 2022 - 19:46 WIB
loading...
AS Rilis Video Serangan Drone yang Tewaskan 10 Warga Afghanistan
AS merilis video serangan drone yang menewaskan 10 warga sipil Afghanistan pada Agustus tahun lalu. Foto/NBC
A A A
WASHINGTON - Pentagon telah membuka rahasia dan merilis rekaman video serangan drone di Kabul, Afghanistan yang menewaskan 10 warga sipil. Serangan itu terjadi pada jam-jam terakhir penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) yang kacau dan mengakhiri perang 20 tahun di Afghanistan.

The New York Times memperoleh rekaman tersebut melalui gugatan Freedom of Information Act terhadap Komando Pusat AS, yang kemudian memposting gambar tersebut ke situs webnya.

Ini menandai pertama kalinya rekaman video serangan pada 29 Agustus itu dirilis ke publik, yang awalnya sempat dibela oleh Pentagon namun kemudian mengakui jika serangan itu adalah sebuah kesalahan yang tragis.



Dikutip dari The Guardian, Kamis (20/1/2022), video tersebut mencakup sekitar 25 menit cuplikan dari apa yang dilaporkan The New York Times dua drone MQ-9 Reaper, yang menunjukkan lokasi sebelum dan sesudah sebuah rudal menghantam mobil sipil sebuah halaman rumah.

Gambar tidak jelas menunjukkan individu bergerak di dalam atau di dekat zona serangan.

Penyelidikan Pentagon tahun lalu menemukan serangan di Kabul adalah kesalahan dan merekomendasikan tidak ada tindakan hukum atau disiplin terhadap anggotanya. Kesimpulan ini disambut dengan kemarahan yang luas dari Kongres AS dan kelompok hak asasi manusia.



Kritikus mengatakan laporan itu berkontribusi pada budaya impunitas dan gagal mengatasi masalah sistemik dalam perang drone AS, membuat korban sipil di masa depan tak terhindarkan.

Para korban serangan 29 Agustus adalah Zemari Ahmadi, yang bekerja untuk sebuah organisasi bantuan yang berbasis di AS, dan sembilan anggota keluarganya, termasuk tujuh anak-anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)