Sempat Membantah, AS Akhirnya Akui Serangan Drone di Kabul Tewaskan Warga Sipil

Sabtu, 18 September 2021 - 05:18 WIB
loading...
Sempat Membantah, AS Akhirnya Akui Serangan Drone di Kabul Tewaskan Warga Sipil
Militer AS akhirnya mengakui jika serangan drone di Kabul pada akhir Agustus lalu menewaskan warga sipil. Foto/Los Angeles Times
A A A
WASHINGTON - Setelah sempat membantah, militer Amerika Serikat (AS) akhirnya mengakui jika serangan drone di Kabul , Afghanistan , pada bulan Agustus salah sasaran dan menewaskan warga sipil .

Hasil investigasi militer AS menemukan bahwa serangan itu menewaskan 10 warga sipil, tujuh diantaranya adalah anak-anak, dan kendaraan yang ditargetkan bukanlah ancaman yang terkait dengan ISIS-K seperti yang selama ini digaungkan.



Menjelang serangan itu, operator pesawat tak berawak mengawasi lokasi hingga 4 hingga 5 menit. Saat itu, seorang pengemudi laki-laki meninggalkan kendaraan. Seorang anak sedang memarkir kendaraan dan anak-anak lain hadir di dalam mobil dan halaman – seperti yang telah diberitakan keluarga korban.

Seorang pejabat militer AS yang akrab dengan penyelidikan mengatakan kepada CNN, pihak militer mendasarkan serangan pada standar kepastian yang wajar untuk melancarkan serangan pada kendaraan. Tragisnya itu adalah kendaraan yang salah, sembari menambahkan bahwa kepastian yang masuk akal bukanlah kepastian 100%.

"Kami tidak melakukan serangan karena kami pikir kami salah - kami melakukan serangan karena kami pikir kami memiliki target yang bagus," kata McKenzie.

Meskipun dia mengakui bahwa serangan itu adalah kesalahan yang mengerikan, dia mengatakan serangan itu tidak memenuhi syarat seluruh operasi sebagai kegagalan.

Diminta oleh seorang reporter untuk menjelaskan bagaimana kegagalan sama sekali dan total bisa terjadi, McKenzie berkata: "Meskipun saya setuju bahwa serangan ini tentu saja tidak memenuhi standar kami dan saya sangat menyesalinya, saya tidak akan memenuhi syarat seluruh operasi di istilah-istilah itu."

Sebelumnya, Komando Pusat AS menunjuk pada ledakan sekunder yang signifikan sebagai bukti dari sejumlah besar bahan peledak di dalam kendaraan. Pada hari Jumat, sumber militer AS mengatakan bahwa setelah meninjau rekaman dari sensor infra-merah, mereka tidak akan lagi menggolongkan ini sebagai ledakan sekunder tapi sebaliknya itu lebih merupakan ledakan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)