Video Angkatan Darat India Cegat Tentara China di Perbatasan

Sabtu, 01 Januari 2022 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Langkah Beijing untuk mengganti nama tempat-tempat di wilayah yang dikuasai India telah diprotes oleh New Delhi.

“Arunachal Pradesh selalu, dan akan selalu menjadi bagian integral dari India,” juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi menyatakan pada 30 Desember lalu.



"Menetapkan nama yang ditemukan ke tempat-tempat di Arunachal Pradesh tidak mengubah fakta ini," tegas Bagchi.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri China membela keputusannya untuk menetapkan nama baru ke 15 lokasi di wilayah perbatasan.

“Zangnan (bagian selatan Tibet China) terletak di Daerah Otonomi Tibet China. Itu telah menjadi wilayah China sejak zaman kuno. Etnis minoritas China seperti Moinba dan kelompok etnis Tibet telah tinggal dan bekerja di daerah ini untuk waktu yang lama, dan banyak nama tempat telah diturunkan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian saat konferensi pers pada 31 Desember, saat menanggapi komentar Bagchi.

“Untuk memperkuat administrasi standar nama tempat, departemen yang berwenang dari pemerintah China, sesuai dengan peraturan tentang administrasi nama geografis, telah mengumumkan gelombang kedua nama tempat standar di Zangnan untuk digunakan oleh publik, yang sepenuhnya berada dalam kedaulatan China,” tambah pejabat China itu.



Kedua negara saat ini juga terlibat dalam kebuntuan militer selama berbulan-bulan di wilayah Ladakh, yang terletak di ujung paling barat perbatasan China-India.

Pertikaian perbatasan yang mematikan tetap belum terselesaikan meskipun beberapa putaran pembicaraan tingkat komandan militer dan beberapa putaran pertemuan antara menteri luar negeri kedua negara Asia itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)