Video Angkatan Darat India Cegat Tentara China di Perbatasan

Sabtu, 01 Januari 2022 - 20:30 WIB
loading...
Video Angkatan Darat India Cegat Tentara China di Perbatasan
Patroli Angkatan Darat India mencegat tentara China di Arunachal Pradesh, ujung timur perbatasan kedua negara. Foto/Tangkapan layar/Twitter
A A A
NEW DELHI - Sebuah video beredar di dunia menunjukkan patroli Angkatan Darat India mencegat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China di Arunachal Pradesh, yang terletak di ujung paling timur perbatasan kedua negara.

Video tersebut tampaknya diambil di dekat Bum La Pass, wilayah yang menjadi salah satu pertempuran paling sengit antara kedua negara selama perang perbatasan tahun 1962.

“Kami percaya dalam mempertahankan status (quo). Anda juga mempertahankan hal yang sama. Mengerti?" seorang tentara India terdengar memberi tahu rekannya dari China dalam video itu.

“Ya, ya…saya mengerti,” jawab tentara China itu.

“Komandan Anda mengatakan bahwa kita bisa sampai di sini ke Bum La. Dan Anda juga bisa sampai di sini. Tidak masalah,” tentara China itu juga memberi tahu pihak India.

"Itu akan saya klarifikasi dari komandan saya," jawab tentara India itu seperti dilansir dari Sputnik, Sabtu (1/1/2022).





Video tidak bertanggal itu muncul hanya beberapa hari setelah perselisihan meletus antara Beijing dan New Delhi atas keputusan Kementerian Urusan Sipil China untuk mengganti nama 15 tempat, termasuk delapan daerah pemukiman, empat gunung, dua sungai serta jalur gunung di Arunachal Pradesh.

Sementara negara bagian Arunachal Pradesh dikelola oleh India, diklaim oleh Beijing sebagai bagian dari wilayah 'Tibet Selatan'.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)