Terungkap, Israel Konsultasi dengan AS Sebelum Serang Situs Nuklir dan Pabrik Rudal Iran

Minggu, 12 Desember 2021 - 09:22 WIB
loading...
A A A
Bennett berjanji untuk tidak membuat "kesalahan" yang sama dari perjanjian Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) 2015, dan mengatakan bahwa Tel Aviv akan mempertahankan kebebasan bertindak jika Teheran dan kekuatan dunia lainnya menyusun perjanjian nuklir baru.



Pejabat AS mengatakan kepada New York Times bahwa tawaran seperti itu saat ini tidak ada di atas meja.

Pihak Amerika juga menyatakan keberatan mengenai sifat kontra-produktif dari serangan rahasia Israel terhadap fasilitas nuklir Iran, dengan alasan bahwa tindakan tersebut memungkinkan Teheran untuk membangun kembali fasilitas mereka dengan teknologi yang lebih efisien dan modern.

Para pejabat Israel, bagaimanapun, telah dibiarkan dengan keraguan dan ketakutan bahwa para pejabat AS melakukan diskusi rahasia dengan Iran di Wina, Austria.

Pada hari Sabtu, Ali Bagheri Kani, negosiator utama Teheran dalam pembicaraan nuklir AS-Iran yang sedang berlangsung, menekankan bahwa beberapa masalah yang memerlukan pengambilan keputusan di tingkat tinggi tetap belum terselesaikan.

Iran menuduh Israel melakukan sejumlah serangan terhadap program nuklirnya, termasuk pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh pada November 2020, seorang ilmuwan nuklir terkemuka Iran.



Sementara Israel telah meminta AS untuk memperketat sanksi terhadap Iran dan menerapkan pembatasan pada program rudalnya, Teheran telah menegaskan bahwa semua sanksi harus dicabut dan perjanjian tersebut tidak boleh menyertakan klausul rudal yang tidak terkait.

Pada Mei 2018, Presiden AS saat itu Donald Trump secara sepihak menarik AS keluar dari perjanjian JCPOA - juga dikenal sebagai perjanjian nuklir Iran - dan menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan ekonomi Iran. Teheran segera setelah itu meninggalkan komitmennya berdasarkan perjanjian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)