Terungkap, Israel Konsultasi dengan AS Sebelum Serang Situs Nuklir dan Pabrik Rudal Iran

Minggu, 12 Desember 2021 - 09:22 WIB
loading...
Terungkap, Israel Konsultasi dengan AS Sebelum Serang Situs Nuklir dan Pabrik Rudal Iran
Terungkap, Israel konsultasi dengan AS sebelum menyerang situs nuklir dan pabrik rudal Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Israel berkonsultasi dengan pejabat Amerika Serikat (AS) sebelum melakukan serangan udara rahasia terhadap fasilitas nuklir Iran di Karaj dan pabrik rudal di sebelah barat. Demikian laporan New York Times, mengutip orang-orang yang diberi pengarahan tentang tindakan tersebut.

Laporan media yang berbasis di AS itu, seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (12/12/2021), didasarkan pada diskusi dengan lebih dari selusin pejabat AS dan Israel yang berbicara dengan syarat anonim. Israel sendiri belum mengaku bertanggung jawab atas kedua serangan tersebut.

Serangan referensi pertama adalah serangan pada bulan Juni di fasilitas nuklir Iran di Karaj. Serangan itu - yang dianggap sebagai "serangan teroris" oleh Teheran - mengakibatkan kehancuran situs yang dipantau oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Fasilitas nuklir itu bertanggung jawab atas pembuatan sentrifugal nuklir, catat para sumber yang diberi pengarahan tentang serangan Juni itu.

Serangan kemudian dilakukan di sebuah pabrik milik Shahid Hemmat Industrial Group milik Aerospace Industries Organization, yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan program rudal balistik berbahan bakar cair Teheran.



Gambar satelit yang dihasilkan oleh ImageSat memperlihatkan kerusakan yang diderita dalam serangan 27 September lalu.

Para pejabat mengungkapkan bahwa pada hari-hari menjelang pembicaraan nuklir AS-Iran secara tidak langsung, dijelaskan bahwa Washington dan Tel Aviv memiliki pendekatan yang berbeda mengenai ambisi nuklir Teheran.

Selama panggilan "perdebatan" minggu lalu, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bahwa Iran berusaha memeras AS untuk menandatangani perjanjian "sembrono" yang pada akhirnya akan memungkinkan negara itu mencapai tingkat pengayaan uranium tingkat bom.

Selain itu, laporan yang muncul pada akhir bulan lalu yang merinci bahwa pejabat senior Israel khawatir bahwa pembicaraan nuklir AS-Iran di Wina akan mengakibatkan Washington menerima kesepakatan "kurang-untuk-kurang" yang akan memungkinkan Teheran untuk menerima keringanan sanksi parsial dengan imbalan jeda atau memulihkan pekerjaan nuklirnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)