Krisis Ukraina: Biden Tolak Garis Merah Rusia

Sabtu, 04 Desember 2021 - 21:34 WIB
loading...
Krisis Ukraina: Biden Tolak Garis Merah Rusia
Presiden AS Joe Biden. Foto/Japantimes
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah berjanji untuk mengadakan pembicaraan yang panjang dengan koleganya dari Rusia , Vladimir Putin terkait masalah Ukraina . Meski begitu, ia tidak akan menerima peringatan tentang "garis merah" dari Moskow.

“Kami sudah lama mengetahui tindakan Rusia (mengenai Ukraina) dan harapan saya adalah kami akan berdiskusi panjang dengan Putin,” kata Biden pada Jumat malam saat dia berangkat ke Camp David.

“Saya tidak menerima garis merah siapa pun,” tambah presiden itu dengan jelas merujuk pada posisi yang ditegaskan kembali Moskow awal pekan ini ketika beberapa publikasi Barat menyebut pertikaian militer di Ukraina sudah dekat seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (4/12/2021).

Sebelumnya pada hari Kamis, Kementerian Luar Negeri Rusia kembali mengklaim NATO telah memberikan jaminan bahwa mereka tidak akan bergerak "satu inci" lebih jauh ke timur pada akhir Perang Dingin. Terlepas dari janji itu, ia terus berkembang, mencakup negara-negara anggota baru yang semakin dekat dengan perbatasan Rusia, dengan Ukraina berulang kali menyatakan minatnya untuk bergabung dengan blok itu dalam beberapa tahun terakhir.



Kementerian itu menekankan bahwa satu-satunya pilihan untuk menyelesaikan situasi saat ini adalah NATO mengesampingkan ekspansi semacam itu lebih lanjut dan menghentikan pembangunan militer yang sedang berlangsung di depan pintu Moskow.

Bulan lalu, pemerintahan Biden memperingatkan para pejabat Eropa bahwa Rusia dapat mempertimbangkan invasi ke Ukraina Timur, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengancam konsekuensi serius jika terjadi agresi.

Moskow telah menolak prediksi itu sebagai tidak berdasar, tetapi telah menyuarakan keprihatinan tentang konflik internal yang pecah di Donbass Ukraina yang dilanda perang. Rusia menuduh Barat "mendorong" Ukraina untuk memulai konflik bersenjata dengan memindahkan peralatan militer NATO lebih dekat ke perbatasan.

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov juga mengklaim pasukan Ukraina telah menggunakan roket buatan AS saat mereka memerangi separatis di timur negara itu, dengan alasan bahwa dugaan bantuan AS hanya meningkatkan kemungkinan terjadinya perang saudara besar-besaran.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)