HRW Sebut Taliban Bantai Lebih dari 100 Eks Anggota Pasukan Afghanistan

Selasa, 30 November 2021 - 23:44 WIB
loading...
A A A
"Para komandan memanggilnya kembali ke pekerjaannya setelah beberapa hari (setelah mengambil alih Kunduz). Mereka berkata, 'Pekerjaan Anda ada di sini, Anda tahu pekerjaan ini.' Penjara itu memiliki tiga gerbang. ('Muhammad') melewati gerbang pertama. Dia ditembak mati antara gerbang kedua dan ketiga," ungkap pejuang Taliban itu.



"Dalam minggu-minggu sebelum Taliban menyerbu Kabul, pembunuhan balas dendam, termasuk penargetan pejabat pemerintah, sudah meningkat di kota-kota besar dan di sepanjang jalan raya utama," kata HRW.

"Taliban, melalui operasi intelijen mereka dan akses ke catatan pekerjaan yang ditinggalkan oleh pemerintah sebelumnya, telah mengidentifikasi target baru untuk penangkapan dan eksekusi," HRW menambahkan.

HRW menuduh informasi yang dikumpulkan sebagai bagian dari apa yang disebut program amnesti yang seharusnya menjamin keamanan pasukan ANSF yang menyerah telah digunakan untuk menahan dan mengeksekusi atau menghilangkan secara paksa sejumlah individu dalam beberapa hari setelah pendaftaran mereka, meninggalkan jenazah mereka untuk ditemukan oleh kerabat atau komunitas mereka.

"Banyak warga Afghanistan yang diwawancarai menyatakan ketakutan bahwa jika mereka mendaftarkan diri kepada Taliban untuk menerima surat amnesti, mereka mungkin akan dikenali atau diidentifikasi serta menghadapi pembalasan kekerasan. Pada saat yang sama, Taliban juga mencari dan menahan orang-orang yang gagal mendaftar," kata HRW.

Laporan tersebut juga menuduh Taliban telah mencari mantan anggota pasukan keamanan, sering mengancam dan menyalahgunakan anggota keluarganya untuk mengungkapkan keberadaan mereka yang bersembunyi.



"Beberapa dari mereka yang akhirnya ditangkap telah dieksekusi atau ditahan tanpa mengetahui penahanan mereka atau lokasi mereka, kejahatan penghilangan paksa," kata organisasi yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) itu.

HRW mengatakan sementara pejabat Taliban telah berulang kali membantah pasukan mereka telah melakukan pembunuhan dan penghilangan, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa eksekusi singkat dan penghilangan, di antara pelanggaran lainnya, sedang dilakukan oleh pemimpin senior Taliban di tingkat distrik atau provinsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)