Tandingi AS, China Ingin Tandemkan Jet Tempur Siluman J-20 dengan 4 Drone

Sabtu, 20 November 2021 - 19:09 WIB
loading...
A A A
Skenario yang disusun oleh AS akan menjadi penggunaan ideal MUM-T di mana drone digunakan pada misi berbahaya untuk menambah atau memperluas kemampuan pengawasan pesawat.

Ridzwan Rahmat, analis pertahanan utama di penerbit militer Janes, mengatakan menggabungkan pesawat berawak dan tak berawak semakin populer dan China tidak berada di depan.

“Di bagian dunia ini, AS, Australia, Singapura, dan Korea Selatan memimpin dengan operasi MUM-T. China mencoba mengejar ketinggalan, tetapi tidak jelas seberapa banyak kemajuan yang telah mereka buat di domain ini,” kata Rahmat.



Timothy Heath, pakar keamanan senior dari lembaga think tank AS; Rand Corp, sependapat dengan Rahmat. “AS tetap menjadi pengembang utama teknologi semacam itu, dengan konsep Skyborg,” kata Heath.

Diumumkan pada akhir 2020, Skyborg adalah program AS untuk mengembangkan drone untuk menemani pesawat Angkatan Udara AS di lingkungan yang diperebutkan. Prototipe Skyborg memiliki uji terbang uji pertama pada bulan Mei.

“Pengembangan tim berawak-tak berawak yang dioperasionalkan secara penuh kemungkinan akan memakan waktu 5-10 tahun,” kata Heath. “Militer AS memiliki calon UAV [kendaraan udara tak berawak] dan pesawat berawak yang siap untuk operasi semacam itu, seperti F-35, tetapi perlu ada peningkatan dalam kemampuan AI dari UAV, avionik dan prosedur operasional untuk bekerja sama.”

Heath mengatakan China kemungkinan besar akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pengembangan karena tidak memiliki pesawat berawak dengan kemampuan data dan sensor yang mirip dengan F-35.

“Kemampuan ini perlu dikembangkan di pesawat canggih PLA, seperti J-20, sebelum PLA dapat sepenuhnya menyadari potensi tim berawak-tanpa awak,” katanya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)