Tandingi AS, China Ingin Tandemkan Jet Tempur Siluman J-20 dengan 4 Drone

Sabtu, 20 November 2021 - 19:09 WIB
loading...
Tandingi AS, China Ingin Tandemkan Jet Tempur Siluman J-20 dengan 4 Drone
Jet-jet tempur siluman J-20 China. Beijing ingin operasikan jet tempur tercanggihnya itu dengan empat drone dalam strategi tandem. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China mengisyaratkan untuk memasangkan tempur siluman tercanggihnya, J-20 , dengan empat drone dalam strategi tandem. Tujuannya untuk mewujudkan keunggulan tempur, terutama terhadap Amerika Serikat (AS).

"Masa depan adalah era besar untuk pengembangan drone. Pertanyaan penting adalah: peran apa yang harus dimainkan drone di medan perang masa depan, bagaimana menggabungkan kendaraan berawak dan tak berawak, dan tujuan taktis apa yang dapat dicapai," kata pilot Angkatan Udara China, Liu Qihong, tentang J-20 dalam sebuah wawancara dengan CCTV.



"Jika bekerja sama dengan empat drone selama misi, kendaraan berawak dapat memiliki area pengawasan yang lebih luas dan rasa bahaya yang lebih jelas. Terlebih lagi, drone dapat mengatasi periode daya tahan yang lama, suhu tinggi, dan banyak kebisingan, yang mungkin menjadi tak tertahankan bagi pilot manusia," lanjut Liu, yang dilansir South China Morning Post, Sabtu (20/11/2021).

Laporan CCTV ditampilkan saat Angkatan Udara China memperingati hari jadinya yang ke-72 pada 11 November 2021.

Pernyataan tentang kerjasama J-20—pesawat jet tempur generasi kelima canggih dengan kemampuan jelajah siluman dan supersonik, juga dikenal sebagai “Mighty Dragon"—dengan drone datang beberapa minggu setelah pesawat itu ditampilkan di Zhuhai Airshow terbaru bersama dengan GJ-11 “Sharp Sword”, kendaraan udara tempur tak berawak siluman.

Saat itu pihak berwenang China belum mengungkapkan rencana untuk memasangkan jet tempur canggih dengan drone, bidang yang dipimpin oleh teknologi China, untuk keperluan militer. Namun, posisi kedua pesawat tersebut memicu spekulasi online bahwa Angkatan Udara China akan "mengawinkan" kendaraan berawak dan tak berawak untuk latihan di masa depan.

China bukan satu-satunya negara yang secara aktif meneliti dan mempraktikkan kerjasama tim tanpa awak, yang dikenal sebagai MUM-T.

Pada akhir Oktober, militer AS untuk pertama kalinya mengambil drone dalam penerbangan dan menempatkannya di pesawat, menjadikan pesawat itu sebagai pembawa drone di udara. Drone itu diperbaharui dan diterbangkan lagi dalam beberapa jam.

Militer AS membayangkan bahwa dalam pertempuran nyata, pembawa drone semacam itu akan tetap berada di luar jangkauan musuh saat menerbangkan kawanan drone ke dalam bahaya untuk misi intelijen, pengawasan, pengintaian, dan peperangan elektronik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)