Disorot Media Asing, Belalai Gajah Indonesia Dipotong akibat Perangkap Pemburu Liar

Selasa, 16 November 2021 - 09:05 WIB
loading...
Disorot Media Asing, Belalai Gajah Indonesia Dipotong akibat Perangkap Pemburu Liar
Petugas merawat belalai anak gajah Sumatra, yang terkena perangkap pemburu liar di klinik, di Pusat Latihan Gajah Saree, Aceh Besar, Aceh, Senin (15/11/2021). Foto/ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp
A A A
JAKARTA - Seekor anak gajah Sumatra kehilangan separuh belalainya akibat perangkap pemburu liar. Nasib menyedihkan satwa Indonesia itu telah menjadi sorotan media asing.

Satwa tersebut kini dirawat di pusat konservasi gajah di Saree, Aceh Besar.



Anak gajah betina berumur satu tahun ini adalah salah satu dari 700 gajah liar di pulau Sumatra. Dia ditemukan sangat lemah dengan jerat masih tertanam di belalainya yang hampir putus pada hari Minggu di Alue Meuraksa, sebuah desa berhutan di kabupaten Aceh Jaya.

Untuk menyelamatkan nyawanya, separuh belalai anak gajah itu terpaksa diamputasi.

"Ini jelas bertujuan untuk memburu hewan langka untuk mendapatkan uang," kata kepala badan konservasi provinsi Aceh, Agus Arianto, dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan bekerja sama dengan lembaga penegak hukum dalam penyelidikan.”

Arianto mengatakan anak gajah itu rupanya tertinggal dari kawanannya karena kondisinya yang semakin memburuk setelah terjerat jebakan yang diduga dibuat oleh para pemburu liar.

Dia mengatakan bahwa petugas satwa liar pada hari Senin harus mengamputasi setengah dari batangnya dalam operasi penyelamatan jiwa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)