Gertak Lawan, Kapal Perang Siluman AS Zumwalt akan Dipasangi Rudal Hipersonik

Rabu, 03 November 2021 - 08:27 WIB
loading...
A A A
Militer AS tidak menjawab pertanyaan tentang berapa banyak tabung VLS hipersonik yang akan dibawanya.

Namun, perkiraan anggaran yang dirilis pada Juni menunjukkan setiap kapal perusak akan mendapatkan 12 tabung seperti itu, yang disebut “Modul Muatan Lanjutan.”

Angkatan Darat dan Angkatan Laut AS melakukan tes bersama IRCPS di Hawaii pada Maret 2020, meskipun Pentagon merilis beberapa detail tentang tes tersebut, termasuk kecepatan dan jarak yang dicapai.

Angkatan Darat dan Angkatan Laut akan menggunakan Common-Hypersonic Glide Body (C-HGB) yang sama untuk rudal hipersonik yang diluncurkan di permukaan.

Untuk Angkatan Darat, rudal yang ditembakkan hanya bernama Long-Range Hypersonic Weapon (LRHW) dan memiliki jangkauan 1.700 mil.

Senjata hipersonik bergerak lebih cepat dari Mach 5, atau 3.800 mil per jam, membuatnya jauh lebih cepat daripada rudal standar.

Jika beberapa rudal jelajah bertenaga terus-menerus, rudal jenis lain menggunakan badan luncur tanpa daya yang terbang menuju target setelah diberi ledakan awal dengan kecepatan luar biasa.

Kecepatan dan jalur penerbangan rudal yang tidak dapat diprediksi membuatnya hampir mustahil dicegat, meskipun beberapa sistem pertahanan udara yang lebih canggih, seperti S-500 Triumf Rusia, diklaim mampu melacak dan menjatuhkan rudal-rudal itu.

AS memiliki beberapa senjata hipersonik dalam pengembangan, tetapi saat ini tidak memilikinya dalam inventarisnya, menempatkan AS di belakang Rusia dan China yang telah mengerahkan beberapa senjata semacam itu.

Rusia juga memiliki rudal hipersonik yang diluncurkan kapalnya sendiri, Zircon, yang telah berhasil diuji beberapa kali terhadap target permukaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)