The Line, Kota Surga Linier Rp1.426 Triliun Proyek Mohammed bin Salman

Selasa, 02 November 2021 - 08:04 WIB
loading...
The Line, Kota Surga Linier Rp1.426 Triliun Proyek Mohammed bin Salman
Gambar grafis proyek The Line, kota surga linier sepanjang 150 mil di Arab Saudi bagian dari proyek megacity NEOM yang digagas Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Foto/Mail Online
A A A
RIYADH - Arab Saudi memulai pembangunan kota ramah lingkungan "The Line" senilai USD100 miliar atau lebih dari Rp1.426 triliun. Kota yang jadi proyek Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) ini dijuluki sebagai "surga linier" karena tak akan ada kendaraan di permukaan yang lurus dan tidak ada emisi karbon.

Pangeran Mohammed bin Salman pertama kali mengumumkan rencana untuk The Line, serangkaian daerah perkotaan sepanjang 150 mil pada bulan Januari. Rencananya, kota ini akan mulai dihuni pada 2024.



The Line adalah bagian pertama dari NEOM, sebuah megacity atau bahkan negara kotasenilai USD500 miliar yang direncanakan yang akan mencakup sektor teknologi dan pendidikan serta tempat-tempat wisata.

Sederet buldoser sekarang mulai bergerak dan membuat terowongan melalui pegunungan untuk memasang tiga lapisan kota "surga linier". Tiga lapisan ini terdiri dari wilayah permukaan untuk pejalan kaki dan ditambah dua lapisan bawah tanah untuk transportasi berkecepatan sangat tinggi yang mengandalkan artificial intelligence (AI) bebas emisi dan infrastruktur.

"Ini adalah usaha besar," kata kepala eksekutif proyek, Nadhmi Al-Nasr, kepada Bloomberg.

Al-Nasr memperkirakan bahwa tidak satu persen dari pekerjaan yang diperlukan untuk merencanakan dan membangun The Line selesai.

Alih-alih membangun dari satu titik awal dan memulainya, Al-Nasr menambahkan bahwa pengembang sedang mempertimbangkan memulai dari dua titik dan membangun menuju pusat.

Rumah bagi 1 juta penduduk, The Line akan mengandalkan opsi transit otonom dan berkecepatan sangat tinggi, mengurangi kebutuhan akan mobil dan membatasi perjalanan pada 20 menit.

The Line akan membentang dari pegunungan barat laut Arab Saudi ke Laut Merah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)