Bangkitnya Militer China di Berbagai Bidang Bikin Pentagon Terguncang

Senin, 01 November 2021 - 12:42 WIB
loading...
A A A
Pemerintahan Biden mengatakan pihaknya bertekad untuk bersaing secara efektif dengan China, mengandalkan jaringan sekutu di Asia dan sekitarnya yang merupakan sumber kekuatan potensial yang tidak dapat ditandingi Beijing.

Itu adalah alasan utama di balik keputusan Biden untuk berbagi teknologi propulsi nuklir yang sangat sensitif dengan Australia, yang memungkinkannya memperoleh armada kapal selam bersenjata konvensional untuk melawan China.

Meskipun itu merupakan dorongan bagi Australia, itu juga merupakan pukulan telak bagi sekutu tertua Washington; Prancis, yang mengalami penurunan penjualan kapal selam senilai USD66 miliar ke Australia.

Taiwan adalah kekhawatiran besar lainnya. Perwira senior militer AS telah memperingatkan tahun ini bahwa China mungkin mempercepat jadwalnya untuk menguasai Taiwan, pulau demokrasi yang secara luas dipandang sebagai pemicu yang paling mungkin untuk potensi perang AS-China yang berpotensi menimbulkan malapetaka.

Amerika Serikat telah lama berjanji untuk membantu Taiwan mempertahankan diri, tetapi dengan sengaja membiarkan tidak jelas seberapa jauh langkahnya dalam menanggapi serangan China.

Presiden Joe Biden tampaknya mengabaikan ambiguitas itu ketika dia mengatakan pada 21 Oktober bahwa Amerika akan membela Taiwan jika diserang oleh China.

“Kami memiliki komitmen untuk melakukan itu,” kata Biden. Gedung Putih kemudian mengatakan dia tidak mengubah kebijakan AS, yang tidak mendukung kemerdekaan Taiwan tetapi berkomitmen untuk menyediakan senjata pertahanan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)