Bangkitnya Militer China di Berbagai Bidang Bikin Pentagon Terguncang

Senin, 01 November 2021 - 12:42 WIB
loading...
Bangkitnya Militer China di Berbagai Bidang Bikin Pentagon Terguncang
Jenderal John Hyten, perwira militer tertinggi kedua AS, mengaku terkejut dengan kebangkitan militer China di berbagai bidang. Foto/REUTERS/Yuri Gripas
A A A
WASHINGTON - Kebangkitan dan kemajuan militer China secara cepat di berbagai bidang telah membuat Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) terguncang. Washington telah melihat otot militer Beijing tumbuh dalam upanya untuk mengakhiri dominasi Amerika di Asia-Pasifik.

Berbagai bidang kemajuan militer Beijing yang mengejutkan Pentagon antara lain persenjataan nuklir yang berkembang, kemajuannya dalam ruang angkasa, serta kemajuan dalam teknologi siber dan rudal.

Baca juga: Israel Didesak Bombardir Iran Akhir Tahun Ini

Ancaman China terhadap Taiwan yang semakin intens juga mendapat perhatian serius Pentagon.

“Langkah di mana China bergerak sangat menakjubkan,” kata Jenderal John Hyten, perwira militer tertinggi kedua AS, seperti dikutip AP, Senin (1/11/2021).

Jenderal Hyten yang menjabat sebagai Wakil Ketua Kepala Staf Gabungan AS sebelumnya memimpin pasukan nuklir Amerika dan mengawasi operasi ruang angkasa Angkatan Udara Amerika.

Yang dipertaruhkan dalam hal ini adalah potensi pergeseran dalam keseimbangan kekuatan global yang telah menguntungkan Amerika Serikat selama beberapa dekade.

Penataan kembali yang lebih menguntungkan bagi China tidak menimbulkan ancaman langsung bagi Amerika Serikat, tetapi dapat memperumit aliansi AS di Asia.

Tanda-tanda baru tentang bagaimana Pentagon bermaksud untuk menghadapi tantangan China mungkin muncul dalam beberapa minggu mendatang dari tinjauan kebijakan administrasi Biden tentang senjata nuklir, pangkalan pasukan global dan strategi pertahanan secara keseluruhan.

Untuk saat ini, para pejabat mengagumi bagaimana Beijing menyusun sumber daya, teknologi, dan kemauan politik untuk mendapatkan keuntungan yang cepat—begitu cepat sehingga pemerintahan Biden berusaha untuk mengarahkan kembali semua aspek kebijakan luar negeri dan pertahanan AS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1914 seconds (11.252#12.26)