Diplomasi Nuklir Iran Gagal, Timur Tengah Bisa Bernasib Seperti Semenanjung Korea

Minggu, 24 Oktober 2021 - 13:32 WIB
loading...
Diplomasi Nuklir Iran Gagal, Timur Tengah Bisa Bernasib Seperti Semenanjung Korea
IAEA memperingatkan kegagalan diplomasi nuklir Iran akan membuat Timur Tengah menghadapi skenario yang mirip dengan Korea Utara (Korut). Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Kepala badan pengawas atom PBB Rafael Grossi memperingatkan bahwa jika diplomasi nuklir dengan Iran berujung kegagalan, Timur Tengah mungkin menghadapi skenario yang mirip dengan Korea Utara (Korut).

Agen Badan Energi Atom Internasional (IAEA) diusir dari Korut pada tahun 2009 dan sekarang negara itu diyakini memiliki puluhan senjata nuklir.

“Kasus (Korea Utara) harus mengingatkan kita tentang apa yang mungkin terjadi jika upaya diplomatik salah,” ujar Direktur Jenderal IAEA dalam sebuah wawancara dengan NBC News.

“Ini adalah contoh yang jelas, ini adalah indikasi, itu adalah suar. Jika diplomasi gagal, Anda mungkin dihadapkan pada situasi yang akan memiliki dampak politik yang sangat besar di Timur Tengah dan sekitarnya,” tambah Grossi seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Iran Setuju Lanjutkan Negosiasi Program Nuklir dengan Kekuatan Dunia

Menurut Grossi, program pemantauan IAEA di Iran tidak lagi utuh setelah Teheran menolak untuk memperbaiki kamera di fasilitas nuklir. Ia menambahkan bahwa pengawas PBB mungkin tidak dapat merekonstruksi gambaran tentang apa yang dilakukan Iran.



Iran mengatakan pada bulan September bahwa pihaknya menolak untuk memberikan IAEA akses ke kamera pengintai di fasilitas nuklirnya.

Grossi juga menekankan bahwa dia tidak dapat menjalin komunikasi langsung dengan pemerintah Iran sejak Ebrahim Raisi menjadi presiden pada Juni lalu.

Baca juga: Arab Saudi Cemaskan Aktivitas Nuklir Iran: Kami Memasuki Fase Berbahaya
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2177 seconds (11.252#12.26)