Pertama Kali dalam 7 tahun, Kapal Penyapu Ranjau AS Masuk Laut Merah

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 21:01 WIB
loading...
Pertama Kali dalam 7 tahun, Kapal Penyapu Ranjau AS Masuk Laut Merah
Kapal penyapu ranjau AS tiba di Laut Merah pada Senin (18/10/2021). Foto/Twitter/US5thFleet
A A A
LAUT MERAH - Dua kapal penyapu ranjau Amerika Serikat (MCM) transit di selat strategis Bab el-Mandeb di Laut Merah untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun. Kapal-kapal itu akan meningkatkan keamanan jalur pelayaran internasional dan rute perdagangan global di tengah agresi yang meningkat oleh milisi Houthi Yaman.

“Kapal penanggulangan ranjau USS Sentry dan USS Gladiator tiba di Laut Merah pada hari Senin, menandai transit pertama dalam tujuh tahun oleh MCM Armada ke-5 dari Teluk ke Laut Merah,” ungkap pernyataan Armada Kelima AS pada Rabu (20/10/2021).

“Sentry dan Gladiator sedang melakukan operasi dan pelatihan Keamanan Maritim bersama mitra regional,” papar Armada Kelima AS.

Baca juga: Israel Nekat Bangun 3.000 Unit Permukiman Baru di Tepi Barat Meski Ditekan AS

Ini menandai pertama kalinya Pentagon menempatkan kapal angkatan laut jenis ini di wilayah tersebut sejak dimulainya perang antara pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan milisi Houthi yang didukung Iran.

Baca juga: Profil Ibu Mohammad bin Salman, Fahda binti Falah yang Jarang Terlihat Publik



Ancaman yang ditimbulkan oleh ranjau Houthi di jalur pelayaran di dekat selat Bab el-Mandeb baru-baru ini meningkat. Ancaman rajau itu membahayakan salah satu rute pengiriman minyak tersibuk di dunia.

Baca juga: Putin Tolak Perubahan Hak Veto Dewan Keamanan PBB, Alasannya Bikin Kaget

Dewan Keamanan PBB pada Rabu mengutuk “peningkatan jumlah insiden di lepas pantai Yaman, termasuk serangan terhadap kapal sipil dan komersial, yang menimbulkan risiko signifikan terhadap keamanan maritim kapal di Teluk Aden dan Laut Merah.”
(sya)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2061 seconds (11.252#12.26)