Daftar Negara yang Tidak Ada Korupsi, Nomor 4 Tetangga Indonesia

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Masih menurut CPI, Finlandia juga negara yang bebas korupsi. Hal ini disebabkan karena langkah pemerintah Finlandia yang dinilai baik dalam menangani bahkan memberantas korupsi.

Perjuangan Finlandia melawan korupsi sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Secara historis, pengurangan kasus korupsi di negara tersebut terjadi bersamaan dengan perubahan warganya.

Dulu, masyarakat Finlandia rata-rata tidak berpendidikan, bergantung pada kekaisaran dan hidup miskin. Seiring perkembangan zaman, masyarakatnya bertransformasi menjadi terpelajar dan hidup berkecukupan. Finlandia juga berubah menjadi negara demokrasi nan maju.

Sementara itu, melansir artikel bertajuk ‘the Control of Corruption in Finland’ karya Ari Salminen dan rekan-rekannya di Universitas Vaasa, parlemen Finlandia melakukan kontrol yang ketat terhadap proses audit keuangan di pemerintahan. Proses pengawalan yang ketat ini yang dinilai sangat baik, sehingga tidak ada satupun pejabat pemerintahan yang bisa menyelewengkan dana negara.

4. Singapura

Negara tetangga Indonesia, Singapura rupanya juga masuk ke dalam daftar negara nol kasus korupsi. Mengutip jurnal berjudul ‘Perbandingan Penanganan Tindak Pidana Korupsi di Negara Singapura dan Indonesia’, kunci keberhasilan Singapura dalam memangkas kasus korupsi adalah dengan kekuatan CPIB atau Corrupt Practices Investigation Bureau sebagai lembaga anti korupsi.

CPIB melakukan tugasnya secara netral, independen dan terpisah dari lembaga kepolisian dalam melakukan penyelidikan kasus korupsi. Di sisi lain, kesadaran masyarakat Singapura terhadap bahaya dan kerugian korupsi sudah sangat baik. Tingkat profesionalisme dari pejabat pemerintahannya pun tinggi.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)