Daftar Negara yang Tidak Ada Korupsi, Nomor 4 Tetangga Indonesia

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 17:00 WIB
loading...
Daftar Negara yang Tidak Ada Korupsi, Nomor 4 Tetangga Indonesia
Beberapa orang memancing di Merlion Park, Singapura, 31 Agustus 2021. Foto/REUTERS
A A A
SINGAPURA - Corruption Perceptions Index (CPI) merilis laporan indeks korupsi di 180 negara di dunia. Laporan yang dikeluarkan pada 2020 itu menyebut, Indonesia berada di urutan ke-102 dengan total poin 37.

Sementara itu, laporan juga menyebut negara-negara yang tidak memiliki kasus korupsi. Berikut daftarnya.

1. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara pertama yang tidak memiliki kasus korupsi versi CPI pada 2020. Negara ini menempati posisi pertama dengan jumlah skor 88.

Selandia Baru konsisten berada di jajaran negara bebas korupsi selama 9 tahun terakhir. Masyarakat Selandia Baru memiliki akses untuk mengakses data yang diinginkan. Transparansi yang diimplementasikan tersebut dinilai cukup ampuh dalam mencegah tindak korupsi.

Sementara itu, hukuman mati bagi para koruptor di negara itu memang pernah ada. Namun, telah dihapus sejak 1961. Pemerintah Selandia Baru beranggapan, jika hukuman sosial akan memberikan dampak lebih besar terhadap para koruptur.



2. Denmark

Denmark juga masuk sebagai negara dengan nol kasus korupsi di dunia. Menurut informasi yang diperoleh dari laman Danish Agency for Higher Education and Science, integritas politik menjadi kunci utama keberhasilan memberantas korupsi.

Pemerintah dan masyarakat Denmark menilai, ketika partai politik, anggota parlemen dan pihak yang memegang andil dalam administrasi publik sudah terlibat korupsi, maka mereka tidak lagi dianggap responsif terhadap masyarakat. Tingginya kesadaran untuk menjauhi praktek korupsi di Denmark juga merupakan faktor penting keberhasilan negara ini.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1249 seconds (10.177#12.26)