Di Bawah Kekuasaan Taliban, Afghanistan Mulai Dilanda Kelaparan

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:21 WIB
loading...
Di Bawah Kekuasaan Taliban, Afghanistan Mulai Dilanda Kelaparan
Salah satu anak Afghanistan yang kelaparan dan menderita gizi buruk di rawat di rumah sakit. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Di bawah kekuasaan Taliban , bencana kelaparan mulai melanda anak-anak Afghanistan . Situasi yang dipicu ketidakstabilan politik dan krisis ekonomi ini menyebabkan efek berantai, mulai dari melonjaknya angka pengangguran hingga krisis gizi di kalangan anak-anak.

Mengutip laporan dari Reuters, Sabtu (16/10/2021), ratusan ribu anak menghadapi ancaman kematian atau penyakit permanen akibat kekurangan gizi.

Baca juga: Putri Mahkota Amalia Boleh Nikahi Wanita dan Bisa Menjadi Ratu Belanda

Di Afghanistan—yang mengalami hari-hari sulit karena pandemi virus corona dan masalah regional—, masalah ekonomi dan politik di negara itu semakin dalam setelah Taliban mengambil alih kekuasaan.

Dr Mohammed Emin Sharifi, kepala departemen gizi buruk Rumah Sakit Anak Indira Gandhi di Kabul, mengatakan beberapa anak telah dirawat di rumah sakit karena kekurangan gizi.
Di Bawah Kekuasaan Taliban, Afghanistan Mulai Dilanda Kelaparan

Sharifi mengatakan, anak-anak menderita diare karena tidak mendapatkan cukup protein, juga kelaparan dan kekurangan gizi pada anak-anak menyebabkan kehitaman di sekitar mata dan kelelahan.

Dia mengatakan keluarga Afghanistan yang menderita karena kemiskinan bahkan tidak dapat menemukan makanan sehari-hari untuk memberi makan anak-anak mereka.



Menekankan bahwa situasi kesehatan anak-anak di seluruh negeri dalam bahaya, dia berkata: “Kami meminta komunitas internasional untuk membantu Afghanistan.”

Selain masalah ekonomi dan politik dalam negeri, kekeringan di pedesaan membuat kehidupan semakin sulit.

Felvasa Feriba adalah ibu dari empat anak yang tinggal di rumah batako berkamar satu di desa Budhak, 5 km dari Kabul.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2202 seconds (11.97#12.26)