Putri Mahkota Amalia Boleh Nikahi Wanita dan Bisa Menjadi Ratu Belanda

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 06:45 WIB
loading...
Putri Mahkota Amalia Boleh Nikahi Wanita dan Bisa Menjadi Ratu Belanda
Putri Amalia, Putri Mahkota Belanda, dibolehkan nikahi wanita dan tetap bisa menjadi Ratu Belanda. Foto/REUTERS/Piroschka van de Wouw
A A A
AMSTERDAM - Putri Amalia, Putri Mahkota Belanda , diperbolehkan menikahi kekasih sesama jenisnya dan tetap bisa menjadi ratu di negara itu. Hal itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Mark Rutte.

Pernikahan sesama jenis telah sah di Belanda sejak tahun 2001 tetapi selalu diasumsikan bahwa itu tidak dapat diterapkan pada putri mahkota karena harus ada pewaris takhta di Kerajaan Belanda.

Sekarang, PM Rutte menjelaskan bahwa raja atau ratu mana pun juga dapat menikahi orang yang berjenis kelamin sama.

Baca juga: Bunuh Mantan Istri saat Live sebagai Vlogger, Pria China Dihukum Mati

Putri Amalia akan berusia 18 tahun pada bulan Desember 2021 mendatang.

Rutte mengatakan itu semua tentang "situasi teoretis" tetapi ratu berikutnya bisa menikahi seorang wanita.



"Oleh karena itu kabinet tidak melihat bahwa pewaris takhta atau raja harus turun takhta jika dia ingin menikah dengan pasangan yang berjenis kelamin sama," katanya saat menjawab pertanyaan tertulis di Parlemen dari partainya sendiri, seperti dikutip BBC, Kamis (14/10/2021).

Sebagai anak tertua Raja Willem-Alexander, masa depan Putri Amalia menjadi sorotan, dengan satu buku selama musim panas mengangkat isu tentang apa yang mungkin terjadi jika dia memilih untuk menikahi pasangan sesama jenis.

Buku itu tidak berspekulasi tentang kehidupan pribadi sang putri, dan tidak ada indikasi pernikahan apa pun di "dalam pipa". Amalia diperkirakan akan masuk universitas tahun depan dan dia telah menolak pendapatan kerajaan yang menjadi haknya selama dia masih berstatus mahasiswi.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1438 seconds (10.177#12.26)