Bawa Jet Tempur Siluman F-35, Kapal Induk Inggris Singgah di Dekat Indonesia

Senin, 11 Oktober 2021 - 09:07 WIB
loading...
A A A


Pada bulan Juli 2021, CSG HMS Queen Elizabeth melintasi Selat Singapura dengan sejumlah kapal melakukan latihan dengan Angkatan Laut Republik Singapura di perairan internasional di bagian selatan Laut Cina Selatan. Pada saat yang sama, kapal pengisian ulang RFA Tidespring juga melakukan pemberhentian tanpa kontak ke Singapura untuk memulai pasokan untuk pergerakan CSG lebih jauh ke timur.

"Penyebaran CSG telah dirancang untuk mengakui pentingnya kawasan secara global. Kehadiran CSG juga menunjukkan dukungan kami terhadap kebebasan lintas navigasi melalui jalur perdagangan vital dan komitmen kami terhadap sistem norma internasional yang menguntungkan semua negara," kata Komodor Steve Moorhouse, Komandan CSG Queen Elizabeth, dalam pernyataan yang dikutip SINDOnews.com dari laman resmi pemerintah Inggris, gov.uk.

"Jadi, terima kasih Singapura atas dukungan Anda terhadap pengerahan CSG, untuk berkontribusi pada latihan udara bersama jet kami dan mendukung pemberhentian HMS Queen Elizabeth di Changi. Kami bangga memainkan peran kami dalam terus mengembangkan dan memperdalam hubungan Singapura-Inggris Raya."

Komisaris Tinggi Inggris untuk Singapura, Kara Owen, mengatakan: "2021 adalah tahun yang sangat penting bagi keterlibatan kami dengan kawasan, dengan Inggris menjadi mitra dialog pertama ASEAN sejak tahun 1996, dan meluncurkan negosiasi untuk bergabung dengan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik."

"Singapura telah lama menjadi mitra dan pendukung keterlibatan Inggris di kawasan ini, dan kunjungan HMS Queen Elizabeth membuktikan hubungan bilateral kita yang erat dan langgeng. Selama waktunya di sini, ia akan mendukung upaya berkelanjutan kami untuk lebih mengembangkan Kemitraan SG-UK untuk Masa Depan, di berbagai bidang mulai dari pertahanan dan keamanan, hingga perdagangan dan kemakmuran, serta sains dan penelitian," paparnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)