Bawa Jet Tempur Siluman F-35, Kapal Induk Inggris Singgah di Dekat Indonesia

Senin, 11 Oktober 2021 - 09:07 WIB
loading...
Bawa Jet Tempur Siluman F-35, Kapal Induk Inggris Singgah di Dekat Indonesia
Kapal induk HMS Queen Elizabeth Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan kapal-kapal perang Singapura menjalani latihan tempur di peraian Laut China Selatan, 9 Oktober 2021. Foto/Royal Navy
A A A
SINGAPURA - Kapal induk HMS Queen Elizabeth Angkatan Laut Inggris dan kelompok tempurnya dijadwalkan singgah di Singapura, tetangga Indonesia , pada Senin (11/10/2021). Kapal militer raksasa itu membawa beberapa jet tempur siluman F-35 .

Sebelum tiba, kapal-kapal dari Kelompok Tempur Kapal Induk (CSG) Inggris dan Angkatan Laut Republik Singapura melakukan manuver gabungan di perairan internasional di Laut China Selatan.



Menteri Inggris untuk Asia, Amanda Milling dan Kepala Staf Udara Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris, Marsekal Udara Sir Mike Wigston, juga akan berada di Singapura, dan akan bertemu dengan pejabat militer senior dari Singapura di atas kapal HMS Queen Elizabeth.

Selama berada Singapura, Menteri Milling akan memimpin kontribusi Inggris untuk sebuah konferensi kelompok think-tank, yang mencakup tema-tema ASEAN, keamanan dan kemakmuran regional, dan peran Inggris di Indo-Pasifik.

Sementara di atas HMS Queen Elizabeth, Kepala Staf Udara Marsekal Wigston akan menerima pembaruan operasional dari Skuadron 617 yang merinci bagaimana jet tempur siluman F-35 Lightning telah diintegrasikan dan dioperasikan selama penempatan.

CSG HMS Queen Elizabeth, yang memulai penyebaran operasional perdananya pada Mei 2021 telah mengarungi Samudra Atlantik, Mediterania dan Samudra Hindia hingga ke Pasifik Barat. Mereka berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dengan mitra dan sekutu dalam perjalanan.

Menurut Tinjauan Terintegrasi Pemerintah Inggris yang diterbitkan awal tahun ini, pengerahan tersebut menyoroti komitmen Inggris untuk mempertahankan nilai-nilai demokrasi, meningkatkan kerja sama pertahanan dan keamanan, dan mempromosikan perdagangan bebas di seluruh dunia.

Saat berada di Singapura, awak kapal HMS Queen Elizabeth akan menjamu pejabat dan pemimpin industri Singapura dari berbagai sektor—termasuk pertahanan dan keamanan, perdagangan dan bisnis, serta sains dan penelitian—yang mendukung pengembangan kerja sama Inggris-Singapura yang lebih erat dan keterlibatan Inggris dengan kawasan Indo-Pasifik.

Singapura adalah salah satu dari lebih dari 40 negara yang akan dikunjungi atau dilatih oleh CSG HMS Queen Elizabeth selama penyebaran globalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)