Ajaib! Saat Semua Hancur Diterjang Lahar Vulkanik, Satu Rumah di La Palma Selamat

Jum'at, 24 September 2021 - 23:01 WIB
loading...
A A A
"Kami semua mulai menangis seperti orang gila ketika saya memberi tahu mereka (pemilik) bahwa rumah tercinta mereka masih utuh," tutur Ada Monnikendam, penduduk pulau La Palma yang membangun rumah untuk pasangan itu.

Menurutnya, pasangan itu "lega" karena rumah itu masih berdiri. Namun, teman-teman mereka kurang beruntung karena rumah mereka dihancurkan aliran lahar.

Para ahli memperkirakan lebih banyak kerusakan saat letusan berlanjut, meskipun mereka mencatat bahwa letusan itu tidak lagi eksplosif.

Meski demikian, para ilmuwan mengatakan letusan tersebut menimbulkan risiko bagi lingkungan dan manusia.

Jika aliran lahar mencapai laut, maka dapat memicu reaksi kimia yang akan menciptakan awan gas beracun serta ledakan.

"Akan ada pertempuran besar antara air dan lava. Dengan suhu yang kontras itu, menyebabkan ledakan besar dan fragmentasi lava yang menyembur keluar seperti rudal," papar David Calvo, pakar dari Institut Vulkanologi Kepulauan Canary (INVOLCAN).

Para peneliti mengatakan letusan bisa berlangsung selama beberapa pekan karena Kepulauan Canary memiliki sejarah letusan.

Menurut media Spanyol, peristiwa letusan terlama terjadi di La Palma pada 1585 dan berlangsung selama 84 hari, sedangkan peristiwa terpendek terjadi pada 1971 dan berlangsung selama 25 hari.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)