Diduga Terkait Upaya Kudeta, Sudan Tangkap 21 Pejabat dan Tentara

Rabu, 22 September 2021 - 05:01 WIB
loading...
Diduga Terkait Upaya Kudeta, Sudan Tangkap 21 Pejabat dan Tentara
Tentara Sudan memblokir jalan untuk mengambil tindakan pencegahan setelah upaya kudeta yang gagal di Khartoum, Sudan. Foto/anadolu
A A A
KHARTOUM - Sudan menangkap 21 pejabat dan tentara terkait upaya kudeta yang dapat digagalkan pada Selasa (21/9/2021).

Militer Sudan mengatakan telah mendapatkan kembali kendali atas semua lokasi yang telah sempat dikuasai para pelaku kudeta.

Mereka menambahkan penyelidikan dan perburuan sedang berlangsung untuk menangkap sisa dari para pelaku yang terlibat dalam upaya kudeta.

Baca juga: Militer Sudan Gagalkan Upaya Kudeta: Situasi Terkendali, Tersangka Ditangkap

“Upaya kudeta di Sudan diorganisir elemen-elemen di dalam dan di luar militer, yang mengarah pada penangkapan pertama para pelaku yang terlibat dalam plot semacam itu,” ungkap Perdana Menteri (PM) Sudan Abdalla Hamdok pada Selasa.

Baca juga: Iran: Kaburnya AS yang Memalukan dari Afghanistan Pelajaran bagi Sekutunya

Kudeta yang gagal didahului upaya menabur ketidakamanan, terutama di timur Sudan. “Namun upaya itu gagal merusak transisi demokrasi Sudan,” ujar Hamdok dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Baca juga: Lagi, Taliban Umbar Janji Izinkan Anak Perempuan Kembali Bersekolah

Seorang anggota sipil dari dewan yang berkuasa mengatakan kepada Reuters bahwa situasinya terkendali setelah upaya kudeta semalam berhasil diatasi.

"Interogasi terhadap tersangka akan dimulai," kata anggota dewan, Mohamed al-Faki Suleiman, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Badan yang berkuasa yang dikenal sebagai Dewan Berdaulat telah menjalankan Sudan di bawah kesepakatan pembagian kekuasaan yang rapuh antara militer dan warga sipil setelah penggulingan Omar al-Bashir pada 2019.
(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2366 seconds (10.177#12.26)