Iran: Kaburnya AS yang Memalukan dari Afghanistan Pelajaran bagi Sekutunya

loading...
Iran: Kaburnya AS yang Memalukan dari Afghanistan Pelajaran bagi Sekutunya
Penampakan tentara terakhir Amerika Serikat yang meninggalkan Afghanistan. Foto/Twitter @18airbornecorps
TEHERAN - Seorang komandan militer Iran menganggap pasukan Amerika Serikat (AS) bukan menarik diri tapi melarikan diri atau kabur secara memalukan dari Afghanistan . Menurutnya, itu menjadi pelajaran bagi negara-negara sekutu yang bergantung pada Washington.

Komentar itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Mayor Jenderal Mohammad Bagheri.

Baca juga: Ribut Kapal Selam Nuklir, AS Tembakkan 2 Rudal Balistik Trident

"Penerbangan memalukan Amerika Serikat dari Afghanistan menunjukkan bahwa dunia unipolar belum terbentuk dan tidak akan terbentuk, dan bahwa kita akan melihat dunia multipolar,” kata komandan militer itu saat berpidato pada upacara militer pada hari Senin.



Mengingat keruntuhan dramatis pemerintah Afghanistan dalam waktu kurang dari dua minggu setelah Taliban mengambil alih wilayah perkotaan besar pertamanya, Bagheri menyatakan bahwa Kabul telah membuat kesalahan penting dengan tidak mengandalkan dukungan rakyatnya sendiri, melainkan pada Amerika Serikat.

"Hasilnya adalah bahwa tentara dan pemerintah hilang dalam 10 atau 11 hari dan melarikan diri dengan sia-sia," ujarnya, seperti dikutip dari Sputniknews, Selasa (21/9/2021).

“Pelarian Amerika yang memalukan [dari Afghanistan] juga menunjukkan bahwa pendekatan semacam itu akan memiliki hasil. Bukan tidak mungkin nasib seperti itu akan menimpa negara-negara dengan ketergantungan dan kepercayaan semacam ini pada AS,” katanya.

Menurut Bagheri, krisis di Afghanistan merupakan simbol berakhirnya situasi strategis yang muncul setelah berakhirnya Perang Dingin dan runtuhnya Uni Soviet, setelah itu AS berusaha menciptakan dunia unipolar.

Dia mengingatkan, untuk mencapai tujuan tersebut, AS melakukan berbagai aksi agresi di Timur Tengah dan Asia Barat Daya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top