Militer Sudan Gagalkan Upaya Kudeta: Situasi Terkendali, Tersangka Ditangkap

Selasa, 21 September 2021 - 18:04 WIB
loading...
Militer Sudan Gagalkan Upaya Kudeta: Situasi Terkendali, Tersangka Ditangkap
Militer Sudan berhasil gagalkan upaya kudeta. Foto/radiotamazuj
A A A
KHARTOUM - Pihak militer Sudan pada Selasa (21/9/2021) mengatakan otoritas yang berwenang telah berhasil menggagalkan upaya kudeta , menangkal tantangan terhadap dewan sipil-militer yang telah menjalankan negara itu sejak Omar al-Bashir digulingkan pada 2019.

Seorang anggota sipil dari dewan yang berkuasa mengatakan kepada Reuters bahwa situasinya terkendali setelah upaya kudeta semalam berhasil diatasi.

"Interogasi terhadap tersangka akan dimulai," kata anggota dewan, Mohamed al-Faki Suleiman, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Badan yang berkuasa yang dikenal sebagai Dewan Berdaulat telah menjalankan Sudan di bawah kesepakatan pembagian kekuasaan yang rapuh antara militer dan warga sipil setelah penggulingan Bashir.

Badan tersebut berencana untuk mengadakan pemilihan umum yang bebas pada tahun 2024.

Baca juga: Negara Termuda di Dunia, Miskin dan Dilanda Kelaparan

“Militer telah mengalahkan upaya kudeta dan situasi sepenuhnya terkendali,” penasihat media untuk kepala Dewan Berdaulat, Jenderal Abdelfattah al-Burhan, kepada kantor berita negara SUNA.

Sebuah sumber pemerintah, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan upaya kudeta itu melibatkan upaya untuk menguasai radio negara di Omdurman, di seberang Sungai Nil dari Ibu Kota Khartoum.

"Langkah-langkah sedang diambil untuk menahan sejumlah orang yang terlibat," kata sumber itu.

Sedangkan kantor berita SUNA melaporkan semua yang terlibat telah ditangkap.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1412 seconds (10.177#12.26)