Canggihnya Mossad Bunuh Ilmuwan Nuklir Iran Pakai Robot Pembunuh AI

Senin, 20 September 2021 - 08:39 WIB
loading...
A A A
Kecuali kali ini benar-benar ada robot pembunuh.

Persiapan pembunuhan telah dimulai setelah serangkaian pertemuan menjelang akhir 2019 dan pada awal 2020 antara pejabat Israel, yang dipimpin oleh direktur Mossad, Yossi Cohen, dan pejabat tinggi Amerika, termasuk mantan Presiden Donald Trump, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan direktur CIA, Gina Haspel.



Israel telah menghentikan kampanye sabotase dan pembunuhan pada 2012 ketika Amerika Serikat memulai negosiasi dengan Iran yang mengarah ke perjanjian nuklir 2015. Sekarang setelah Trump membatalkan perjanjian itu, Israel ingin melanjutkan kampanye.

Pada akhir Februari, Cohen memberi Amerika daftar operasi potensial, termasuk pembunuhan Fakhrizadeh. Para pejabat Amerika yang diberi pengarahan tentang rencana pembunuhan di Washington mendukungnya. Demikian pengungkapan seorang pejabat yang hadir dalam pengarahan tersebut.

Ketika intelijen mengalir, kesulitan tantangan menjadi fokus, di mana Iran juga telah mengambil pelajaran dari pembunuhan Mayor Jenderal Qassem Soleimani—yaitu, bahwa pejabat tinggi mereka dapat menjadi sasaran. Sadar bahwa Fakhrizadeh memimpin daftar paling dicari Israel, para pejabat Iran telah mengunci keamanannya.

Rincian keamanannya adalah milik unit elite Ansar dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, bersenjata lengkap dan terlatih, yang berkomunikasi melalui saluran terenkripsi. Mereka menemani gerakan Fakhrizadeh dalam konvoi empat hingga tujuh kendaraan, mengubah rute dan waktu untuk menggagalkan kemungkinan serangan. Mobil yang dikendarainya sendiri diputar atau diacak di antara empat atau lima yang dia miliki.

Israel telah menggunakan berbagai metode dalam pembunuhan sebelumnya. Ilmuwan nuklir pertama dalam daftar itu diracun pada tahun 2007. Yang kedua, pada tahun 2010, dibunuh oleh bom yang diledakkan dari jarak jauh yang dipasang pada sepeda motor, tetapi perencanaannya rumit, dan seorang tersangka Iran ditangkap. Dia mengaku dan dieksekusi.

Setelah bencana itu, Mossad beralih ke pembunuhan langsung yang lebih sederhana. Dalam masing-masing dari empat pembunuhan berikutnya, dari 2010 hingga 2012, menghantam pria dengan sepeda motor yang berada di samping mobil target di lalu lintas Teheran dan menembaknya melalui jendela atau menempelkan bom lengket ke pintu mobil, lalu melesat pergi.

Konvoi bersenjata Fakhrizadeh, yang mewaspadai serangan semacam itu, membuat metode sepeda motor tidak mungkin dilakukan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)