Canggihnya Mossad Bunuh Ilmuwan Nuklir Iran Pakai Robot Pembunuh AI

Senin, 20 September 2021 - 08:39 WIB
loading...
Canggihnya Mossad Bunuh Ilmuwan Nuklir Iran Pakai Robot Pembunuh AI
Ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh dibunuh dengan robot pembunuh berteknologi AI yang dioperasikan badan intelijen Israel, Mossad, di luar Teheran, Iran, 27 November 2020. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Laporan investigasi New York Times mengungkap bagaimana Mossad , badan intelijen Israel, menggunakan teknologi canggih artificial intelligence (AI) untuk membunuh ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh .

Teknologi itu diterapkan dalam robot pembunuh yang dikendalikan dari jarak jauh atau remote control.



Laporan dimulai dengan rutinitas sang ilmuwan yang bangun satu jam sebelum fajar. Dia bangun pagi untuk mempelajari filsafat Islam sebelum memulai aktivitas selanjutnya.

Sore itu, dia dan istrinya akan meninggalkan rumah liburan mereka di Laut Kaspia dan berkendara ke rumah pedesaan mereka di Absard, sebuah kota pedesaan di sebelah timur Teheran, di mana mereka berencana untuk menghabiskan akhir pekan.

Badan intelijen Iran telah memperingatkannya tentang kemungkinan rencana pembunuhan, tetapi Fakhrizadeh menepisnya.

Yakin bahwa Fakhrizadeh memimpin upaya Iran untuk membangun bom nuklir, Israel ingin membunuhnya setidaknya selama 14 tahun.

Tetapi ada begitu banyak ancaman dan plot sehingga dia tidak lagi memperhatikannya.

Terlepas dari posisinya yang menonjol di militer Iran, Fakhrizadeh ingin hidup normal.

Mengabaikan saran dari tim keamanannya, dia sering mengendarai mobilnya sendiri ke Absard alih-alih memiliki pengawal yang mengantarnya dengan kendaraan lapis baja. Itu adalah pelanggaran serius terhadap protokol keamanan, tapi dia bersikeras.

Maka tak lama setelah tengah hari pada hari Jumat, 27 November 2020, dia menyelinap di belakang kemudi sedan Nissan Teana hitamnya, istrinya di kursi penumpang di sampingnya, dan melaju.

Sejak 2004, ketika pemerintah Israel memerintahkan badan intelijen asingnya, Mossad, untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir, badan tersebut telah melakukan kampanye sabotase dan serangan siber terhadap fasilitas pengayaan bahan bakar nuklir Iran. Itu juga secara metodis memilih para ahli yang dianggap memimpin program senjata nuklir Iran.

Tetapi orang yang dikatakan Israel memimpin program bom itu sulit dipahami.

Pada tahun 2009, sebuah tim pembunuh sedang menunggu Fakhrizadeh di lokasi pembunuhan yang direncanakan di Teheran, tetapi operasi itu dibatalkan pada saat-saat terakhir. Plot telah dikompromikan, Mossad curiga, dan Iran telah melakukan penyergapan.

Kali ini mereka akan mencoba sesuatu yang baru.

Agen-agen Iran yang bekerja untuk Mossad telah memarkir truk pickup Nissan Zamyad biru di sisi jalan yang menghubungkan Absard ke jalan raya utama. Tersembunyi di bawah terpal dan bahan konstruksi umpan di bak truk adalah senapan mesin sniper 7,62 mm.

Laporan berita dari Iran sore itu membingungkan, kontradiktif, dan sebagian besar salah. Sebuah tim pembunuh telah menunggu di pinggir jalan hingga Fakhrizadeh lewat, bunyi salah satu laporan. Warga mendengar ledakan besar diikuti dengan tembakan senapan mesin yang intens, kata laporan lainnya.

Salah satu klaim yang paling mengada-ada muncul beberapa hari kemudian.

Beberapa organisasi berita Iran melaporkan bahwa pembunuhnya adalah robot pembunuh dan seluruh operasi dilakukan dengan remote control. Laporan-laporan ini secara langsung bertentangan dengan laporan saksi mata tentang baku tembak antara tim pembunuh dan pengawal dan laporan bahwa beberapa pembunuh telah ditangkap atau dibunuh.

Thomas Withington, seorang analis perang elektronik, mengatakan kepada BBC bahwa teori robot pembunuh harus diambil dengan "sedikit garam yang sehat" dan bahwa deskripsi Iran tampaknya tidak lebih dari kumpulan "kata-kata keren".

Kecuali kali ini benar-benar ada robot pembunuh.

Persiapan pembunuhan telah dimulai setelah serangkaian pertemuan menjelang akhir 2019 dan pada awal 2020 antara pejabat Israel, yang dipimpin oleh direktur Mossad, Yossi Cohen, dan pejabat tinggi Amerika, termasuk mantan Presiden Donald Trump, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan direktur CIA, Gina Haspel.



Israel telah menghentikan kampanye sabotase dan pembunuhan pada 2012 ketika Amerika Serikat memulai negosiasi dengan Iran yang mengarah ke perjanjian nuklir 2015. Sekarang setelah Trump membatalkan perjanjian itu, Israel ingin melanjutkan kampanye.

Pada akhir Februari, Cohen memberi Amerika daftar operasi potensial, termasuk pembunuhan Fakhrizadeh. Para pejabat Amerika yang diberi pengarahan tentang rencana pembunuhan di Washington mendukungnya. Demikian pengungkapan seorang pejabat yang hadir dalam pengarahan tersebut.

Ketika intelijen mengalir, kesulitan tantangan menjadi fokus, di mana Iran juga telah mengambil pelajaran dari pembunuhan Mayor Jenderal Qassem Soleimani—yaitu, bahwa pejabat tinggi mereka dapat menjadi sasaran. Sadar bahwa Fakhrizadeh memimpin daftar paling dicari Israel, para pejabat Iran telah mengunci keamanannya.

Rincian keamanannya adalah milik unit elite Ansar dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, bersenjata lengkap dan terlatih, yang berkomunikasi melalui saluran terenkripsi. Mereka menemani gerakan Fakhrizadeh dalam konvoi empat hingga tujuh kendaraan, mengubah rute dan waktu untuk menggagalkan kemungkinan serangan. Mobil yang dikendarainya sendiri diputar atau diacak di antara empat atau lima yang dia miliki.

Israel telah menggunakan berbagai metode dalam pembunuhan sebelumnya. Ilmuwan nuklir pertama dalam daftar itu diracun pada tahun 2007. Yang kedua, pada tahun 2010, dibunuh oleh bom yang diledakkan dari jarak jauh yang dipasang pada sepeda motor, tetapi perencanaannya rumit, dan seorang tersangka Iran ditangkap. Dia mengaku dan dieksekusi.

Setelah bencana itu, Mossad beralih ke pembunuhan langsung yang lebih sederhana. Dalam masing-masing dari empat pembunuhan berikutnya, dari 2010 hingga 2012, menghantam pria dengan sepeda motor yang berada di samping mobil target di lalu lintas Teheran dan menembaknya melalui jendela atau menempelkan bom lengket ke pintu mobil, lalu melesat pergi.

Konvoi bersenjata Fakhrizadeh, yang mewaspadai serangan semacam itu, membuat metode sepeda motor tidak mungkin dilakukan.

Tapi robot pembunuh sangat mengubah kalkulus untuk Mossad.

Badan intelijen Israel memiliki aturan lama bahwa jika tidak ada penyelamatan, tidak ada operasi, yang berarti rencana yang sangat mudah untuk mengeluarkan para operator dengan aman sangat penting.

Tapi senapan mesin besar yang belum teruji dan terkomputerisasi menghadirkan serangkaian masalah lain.

Yang pertama adalah bagaimana menempatkan senjata pada tempatnya.

Senapan mesin, robot, komponen dan aksesorinya memiliki berat sekitar 1 ton. Jadi peralatan itu dipecah menjadi bagian-bagian terkecil yang mungkin dan diselundupkan ke negara itu sepotong demi sepotong, dengan berbagai cara, rute dan waktu, kemudian diam-diam dipasang kembali di Iran.

Robot itu dibuat agar muat di tempat tidur pickup Zamyad, model umum di Iran. Kamera dipasang di truk untuk memberi ruang komando gambaran lengkap bukan hanya tentang target dan detail keamanannya, tetapi juga lingkungan sekitarnya. Akhirnya, truk itu dikemas dengan bahan peledak sehingga bisa hancur berkeping-keping setelah pembunuhan, menghancurkan semua bukti.

Ada komplikasi lebih lanjut dalam menembakkan senjata. Senapan mesin yang dipasang di truk, bahkan yang diparkir, akan bergetar setelah setiap tembakan mundur.

Juga, meskipun komputer berkomunikasi dengan ruang kontrol melalui satelit, mengirimkan data dengan kecepatan cahaya, akan ada sedikit penundaan; apa yang dilihat operator di layar sudah lama sekali, dan menyesuaikan bidikan untuk mengimbangi akan memakan waktu lebih lama, semuanya saat mobil Fakhrizadeh sedang bergerak.

Waktu yang dibutuhkan gambar kamera untuk mencapai sniper dan tanggapan sniper untuk mencapai senapan mesin, tidak termasuk waktu reaksinya, diperkirakan 1,6 detik.

AI diprogram untuk mengkompensasi keterlambatan, guncangan, dan kecepatan mobil.

Tantangan lain adalah untuk menentukan secara real time bahwa Fakhrizadeh yang mengemudikan mobil dan bukan salah satu dari anak-anaknya, istrinya atau pengawalnya.

Solusinya adalah menempatkan mobil cacat palsu di persimpangan jalan utama di mana kendaraan yang menuju Absard harus memutar balik. Kendaraan itu berisi kamera lain.

Saat konvoi meninggalkan kota Rostamkala di pantai Kaspia, mobil pertama membawa detail keamanan. Disusul dengan mobil Nissan hitam tanpa lapis baja yang dikendarai oleh Fakhrizadeh, bersama istrinya, Sadigheh Ghasemi, di sampingnya. Dua mobil keamanan lagi menyusul.

Tim keamanan telah memperingatkan Fakhrizadeh hari itu tentang ancaman terhadapnya dan bertanya dia tidak bepergian. Hal itu disampaikan putra korban, Hamed Fakhrizadeh, dan para pejabat Iran.

Iran telah diguncang oleh serangkaian serangan profil tinggi dalam beberapa bulan terakhir yang selain membunuh para pemimpin juga merusak fasilitas nuklir, memperjelas bahwa Israel memiliki jaringan kolaborator yang efektif di dalam Iran.

Tapi Fakhrizadeh menolak naik mobil lapis baja dan bersikeras mengendarai sendiri salah satu mobilnya.

Sesaat sebelum pukul 15.30, iring-iringan mobil tiba di belokan U di Jalan Firuzkouh. Mobil Fakhrizadeh hampir berhenti, dan dia diidentifikasi secara positif oleh operator, yang juga bisa melihat istrinya duduk di sampingnya.

Konvoi itu berbelok ke kanan di Imam Khomeini Boulevard, dan mobil terdepan kemudian melaju ke depan rumah untuk memeriksanya sebelum Fakhrizadeh tiba. Keberangkatannya membuat mobil Fakhrizadeh terekspos sepenuhnya.

Konvoi itu melambatkan kecepatannya tepat sebelum Zamyad yang diparkir. Senapan mesin menembakkan semburan peluru, mengenai bagian depan mobil di bawah kaca depan. Tidak jelas apakah tembakan ini mengenai Fakhrizadeh, tetapi mobilnya oleng dan berhenti.

Penembak menyesuaikan pandangan dan menembakkan ledakan lain, mengenai kaca depan setidaknya tiga kali dan Fakhrizadeh setidaknya sekali di bahu. Dia melangkah keluar dari mobil dan berjongkok di balik pintu depan yang terbuka.

Menurut Fars News Iran, tiga peluru lagi merobek tulang punggungnya. Dia pingsan di jalan.

Ghasemi berlari ke suaminya.

“Mereka ingin membunuh saya, dan kamu harus pergi,” katanya, seperti ditirukan putra-putranya.

Dia, kata putra-putranya, duduk di tanah dan memegang kepalanya di pangkuannya.

Hamed Fakhrizadeh berada di rumah keluarga di Absard ketika dia menerima telepon darurat dari ibunya. Dia tiba dalam beberapa menit ke apa yang dia gambarkan sebagai adegan "perang penuh."

Asap dan kabut mengaburkan pandangannya, dan dia bisa mencium bau darah.

"Itu bukan serangan teroris sederhana bagi seseorang untuk datang dan menembakkan peluru dan lari," katanya kepada televisi pemerintah Iran. “Pembunuhannya jauh lebih rumit daripada yang Anda ketahui dan pikirkan. Dia tidak dikenal oleh publik Iran, tetapi dia sangat dikenal oleh mereka yang menjadi musuh pembangunan Iran.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)