China Tolak Kunjungan Kapal Perang Jerman karena Berlayar di Laut China Selatan

loading...
China Tolak Kunjungan Kapal Perang Jerman karena Berlayar di Laut China Selatan
Kapal perang Bayern milik Angkatan Laut Jerman yang ditolak berkunjung ke pelabuhan Shanghai, China. Foto/Mohssen Assanimoghaddam/DPA
BERLIN - China menolak kunjungan kapal perang Jerman di pelabuhan Shanghai. Musababnya, kapal itu berlayar di dekat wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Pelayaran kapal perang perang Bayern ke Laut China Selatan menjadi yang pertama bagi Angkatan Laut Jerman.

Baca juga: Buntut Aliansi AUKUS, Australia Jadi Target Empuk China

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman, Maria Adebahr, mengatakan bahwa Beijing menolak rencana persinggahan kapal perang Bayern di pelabuhan Shanghai.



"Setelah periode refleksi, China telah memutuskan bahwa mereka tidak menginginkan kunjungan pelabuhan oleh kapal fregat Jerman, Bayern dan kami telah mencatat itu," kata Adebahr kepada wartawan di Berlin, seperti dikutip dari DW.com, Jumat (17/9/2021).

"Bayern berangkat dari Wilhelmshaven pada 2 Agustus untuk perjalanan enam bulan ke Indo-Pasifik. Jerman telah berusaha untuk memperkuat kehadirannya di kawasan itu, dan pemberhentian di pelabuhan Shanghai dimaksudkan untuk membantu meredakan ketegangan atas misi Angkatan Laut.

Namun China menolak permintaan Jerman untuk mengizinkan Bayern melakukan kunjungan di pelabuhannya.

Perjalanan enam bulan kapal perang Jerman termasuk berlayar melalui Laut Cina Selatan, titik nyala ketegangan antara China, tetangganya di kawasan itu dan sekutu Barat mereka, termasuk Amerika Serikat.

Baca juga: AS Akan Kerahkan Tentara Lebih Banyak ke Australia
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top