Jika AS Setuju, Arab Saudi Segera Beli Sistem Pertahanan Rudal Israel

Kamis, 16 September 2021 - 12:25 WIB
loading...
Jika AS Setuju, Arab Saudi Segera Beli Sistem Pertahanan Rudal Israel
Sistem pertahanan rudal Iron Dome menembakkan roket pencegat di Israel. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Arab Saudi telah menghubungi Israel mengenai kemungkinan pengadaan sistem pertahanan rudal. Kabar itu diungkapkan majalah berita dan analisis khusus perdagangan, Breaking Defence, pada Kamis (16/9/2021).

Iron Dome yang diproduksi perusahaan teknologi pertahanan Israel Rafael dan Barak ER yang diproduksi Israel Aerospace Industries (IAI) adalah dua opsi yang dipertimbangkan Riyadh.

Sumber pertahanan Israel mengatakan kepada majalah itu bahwa kesepakatan seperti itu akan realistis, selama kedua negara mendapat persetujuan dari Amerika Serikat (AS).



"Ketertarikan Arab Saudi pada sistem Israel telah mencapai fase yang sangat praktis," ungkap salah satu sumber tersebut dilansir Memo pada Kamis.



Sumber yang sama mengatakan Riyadh telah mengadakan pembicaraan tingkat rendah dengan Israel selama beberapa tahun tentang sistem tersebut.



Pembicaraan tampaknya mulai mengambil lebih banyak energi setelah menjadi jelas bahwa AS akan menghapus aset pertahanan udaranya dari Kerajaan Arab Saudi.

Keputusan itu telah dibuat dengan Washington secara diam-diam mengeluarkan sistem rudal baterai THAAD dan Patriot Amerika Serikat dari Pangkalan Udara Pangeran Sultan, yang terletak di luar Riyadh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)