Prancis Marah Besar Ditelikung AS dalam Proyek Kapal Selam Nuklir Australia

loading...
Prancis Marah Besar Ditelikung AS dalam Proyek Kapal Selam Nuklir Australia
Presiden AS Joe Biden berbicara dengan PM Australia Scott Morrison membahas proyek kapal selam nuklir Australia. Foto/REUTERS
PARIS - Keputusan Amerika Serikat (AS) mendepak Prancis keluar dari kesepakatan yang telah ditandatanganinya dengan Australia untuk pengadaan kapal selam menunjukkan kurangnya koherensi saat kedua sekutu menghadapi tantangan bersama di kawasan Indo-Pasifik.

Pernyataan pemerintah Prancis pada Kamis (16/9/2021) ini menegaskan kemarahan Paris yang merasa ditelikung oleh kesepakatan AS dan Inggris untuk pengadaan kapal selam tenaga nuklir Australia.

AS, Inggris dan Australia mengatakan sebelumnya mereka akan membangun kemitraan keamanan untuk Indo-Pasifik yang akan membantu Australia memperoleh kapal selam bertenaga nuklir AS dan membatalkan kesepakatan kapal selam multi-miliar dolar yang dirancang bersama Prancis.

Baca juga: Australia Bangun Kapal Selam Nuklir, Prancis dan China Beri Respons Keras



“Pilihan Amerika untuk menyingkirkan sekutu Eropa dan mitra seperti Prancis dari kemitraan struktural dengan Australia pada saat kita menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di kawasan Indo-Pasifik ... menunjukkan kurangnya koherensi yang hanya dapat diakui dan disesali oleh Prancis,” tegas Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Jean-Yves Le Drian dan Menteri Pertahanan (Menhan) Florence Parly dalam pernyataan bersama.

Baca juga: AS, Australia dan Inggris Bentuk Aliansi Pertahanan Nuklir untuk Lawan China

Australia pada 2016 memilih pembuat kapal Prancis, Naval Group, untuk membangun armada kapal selam baru senilai USD40 miliar untuk menggantikan kapal selam Collins yang berusia lebih dari dua dekade.

Baca juga: Terungkap, Dua Leluhur Biden Pernah Pelihara Budak pada Abad 19

Ini telah menjadi salah satu kesepakatan pertahanan paling menguntungkan di dunia, tetapi telah dilanda masalah dan penundaan karena persyaratan Australia bahwa sebagian besar manufaktur dan komponen bersumber secara lokal.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top