Taliban Eksekusi Sniper Pasukan Khusus Afghanistan Sekutu Militer Inggris

loading...
Taliban Eksekusi Sniper Pasukan Khusus Afghanistan Sekutu Militer Inggris
Sniper pasukan khusus dari pemerintah terguling Afghanistan yang dieksekusi Taliban. Foto/Ash Alexander-Cooper via New York Post
KABUL - Kelompok Taliban telah memburu dan mengeksekui seorang sniper pasukan khusus dari pemerintah terguling Afghanistan . Korban merupakan sekutu pasukan khusus Inggris selama betugas di negara yang dilanda perang 20 tahun itu.

Korban, ayah lima anak yang hanya diidentifikasi sebagai "N" untuk melindungi kerabatnya yang masih hidup, diburu oleh Taliban pada hari Senin (13/9/2021) dan dieksekusi di depan keluarganya.

Baca juga: Taliban Akan Hapus Mata Pelajaran yang Bertentangan dengan Syariah Islam

Korban merupakan salah satu dari ratusan sekutu Barat yang tertinggal selama upaya evakuasi besar-besaran yang kacau pada Agustus lalu.



“Dia [telah] bersembunyi karena ancaman yang dia hadapi,” kata mantan kolonel Inggris, Ash Alexander-Cooper, yang mengetahui informasi tentang kematian sniper tersebut, kepada The Times.

Alexander-Cooper pernah menjadi penasihat senior Kementerian Dalam Negeri Afghanistan.

"Tapi mereka menemukannya, dan dia ditembak beberapa kali, dieksekusi di depan keluarganya," ujar Alexander-Cooper, yang melayani delapan tur di Afghanistan, termasuk setidaknya satu tur bersama "N".

Sniper yang terbunuh tercatat sebagai anggota pasukan khusus Afghanistan yang sangat efektif, yang dikenal sebagai CF333. "Yang dibimbing oleh Inggris," kata mantan perwira militer tersebut.

“N” mencoba dievakuasi oleh pasukan Barat dari tanah airnya begitu Taliban mengambil alih kekuasaan, khawatir dia akan menjadi target karena perannya sebagai “kolaborator". Namun, upaya itu gagal.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top