Pendiri Kelompok Pemberontak Peru Abimael Guzman Meninggal Dunia

Minggu, 12 September 2021 - 09:14 WIB
loading...
A A A
Serangan Shining Path yang berani dan terencana dengan rapi, jaringan informan dan mata-matanya, serta kemampuan luar biasa Guzman untuk menghindari penangkapan memberinya reputasi yang hampir legendaris karena tampaknya berada di semua tempat sekaligus.

Selama bertahun-tahun berperang, dia dikabarkan telah meninggal, sakit parah, atau hidup nyaman di Eropa.

Pada tahun 1980, setelah bertahun-tahun persiapan, Guzman, mantan profesor universitas, memimpin sekelompok pendukung ke Pegunungan Andes di luar kota Ayacucho.

Berbekal senapan, dinamit, dan parang, mereka mulai menyerang pasukan keamanan, pejabat terpilih, dan petani yang melawan indoktrinasi mereka dengan semangat dan kekejaman yang tidak pernah terlihat dalam kelompok pemberontak Amerika Latin.

Membentang dari kota selatan Ayacucho, Shining Path menarik ribuan militan lebih dari komunitas petani miskin dan universitas.



Orang-orang di Ibu Kota Lima pertama kali merasakan Shining Path pada tahun 1981 ketika gerilyawan menggantung lusinan anjing mati di tiang lampu. "Anjing kapitalisma," bunyi tulisan yang disematkan pada bangkai binatang itu.

Pada akhir 1980-an, kelompok itu telah menjadi ancaman bagi negara sehingga dua pertiga penduduk Peru tinggal di daerah-daerah di bawah pemerintahan darurat - pada dasarnya, darurat militer.

Para pengikutnya menyebut Guzman sebagai Pedang Marxisme Keempat, setelah Marx, Lenin dan Mao, serta mengidolakannya dalam nyanyian, lagu, poster, dan sastra revolusioner.

Beberapa karya tulisnya, meskipun kurang dihargai oleh akademisi Marxis, menjadi seperti mantra bagi pengikut Shining Path yang mengulangi perkataannya seolah-olah itu adalah kebenaran kitab suci.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)