Pendiri Kelompok Pemberontak Peru Abimael Guzman Meninggal Dunia

Minggu, 12 September 2021 - 09:14 WIB
loading...
A A A
Poster propaganda Shining Path menunjukkan Guzman berkacamata menjulang di atas massa petani dan tentara gerilya, menunjuk dengan satu tangan dan memegang "Buku Merah Kecil" revolusioner Mao di tangan lainnya.

Tapi gambaran pertama yang dilihat sebagian besar orang Peru tentang Guzman sama sekali tidak revolusioner. Tampak mabuk, dia menari mengikuti lagu utama film Zorba the Greek dan berpose untuk difoto bersama para pendukungnya dalam video Shining Path yang direkam oleh polisi pada tahun 1990 dan ditayangkan di televisi.

Video tersebut memperjelas bahwa dia masih hidup dan masih bertanggung jawab, tetapi itu merusak reputasinya untuk kesederhanaan dan demoralisasi militan Shining Path.

Namun demikian, serangan mereka semakin intensif, yang menyebabkan Presiden Alberto Fujimori saat itu merebut kekuasaan yang hampir diktator, dalam apa yang dia katakan sebagai upaya untuk menghancurkan pemberontakan.

Setelah Guzman ditangkap oleh polisi di sebuah rumah persembunyian yang luas di lingkungan kelas menengah Lima pada tahun 1992, ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Shining Path sebagian besar runtuh sebagai ancaman militer, meskipun sisa-sisanya tetap ada hingga hari ini. Pihak berwenang mengatakan bahwa pemberontak yang mengaku sebagai bagian dari faksi pembangkang dari Shining Path membunuh 16 orang di daerah hutan terpencil hanya tahun ini.



Pada tahun 2018, Guzman dijatuhi hukuman seumur hidup kedua karena serangan bom mobil Lima tahun 1992 yang menewaskan 25 orang.

Istri pertama Guzman, Augusta La Torre, meninggal secara misterius pada akhir 1980-an. Pada 2010, ia menikahi pacar lamanya, Elena Iparraguirre, yang seperti Guzman, menjalani hukuman seumur hidup. Kedua wanita itu adalah pemimpin Shining Path.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)