Biden dan Xi Jinping Teleponan 90 Menit Bahas Persaingan AS dan China

Jum'at, 10 September 2021 - 14:37 WIB
loading...
A A A
Selama bulan-bulan berikutnya, kedua belah pihak telah menyerang satu sama lain hampir terus-menerus, sering menggunakan serangan publik yang tajam, menjatuhkan sanksi pada pejabat masing-masing dan mengkritik satu sama lain karena tidak menegakkan kewajiban internasional mereka.

“Presiden Biden menggarisbawahi kepentingan abadi Amerika Serikat dalam perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di Indo-Pasifik dan dunia dan kedua pemimpin membahas tanggung jawab kedua negara untuk memastikan persaingan tidak mengarah ke konflik,” imbuh pernyataan Gedung Putih.

Pemerintahan Biden, yang disibukkan oleh penarikan tentara AS yang kacau dari Afghanistan, telah mengisyaratkan bahwa mengakhiri perang terpanjang Amerika akan memberi para pemimpin politik dan militer AS ruang untuk fokus pada ancaman yang lebih mendesak yang berasal dari kebangkitan cepat China.

Tetapi Beijing dengan cepat memanfaatkan kegagalan AS di Afghanistan untuk mencoba menggambarkan Amerika Serikat sebagai mitra yang berubah-ubah. Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan bulan lalu bahwa Washington seharusnya tidak mengharapkan kerja sama dengan China dalam hal itu atau masalah lain jika Amerika juga mencoba untuk “menahan dan menekan” China.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)