Biden dan Xi Jinping Teleponan 90 Menit Bahas Persaingan AS dan China

Jum'at, 10 September 2021 - 14:37 WIB
loading...
Biden dan Xi Jinping Teleponan 90 Menit Bahas Persaingan AS dan China
Presiden China Xi Jinping muncul dalam layar raksasa di Beijing. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden berbicara melalui telepon dengan Presiden Xi Jinping selama sekitar 90 menit kemarin. Kedua pemimpin itu membahas pengelolaan persaingan dan perlunya menghindari konflik antara Amerika Serikat (AS) dan China .

Washington dan Beijing saat ini adalah dua kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Keduanya terlibat persaingan di berbagai bidang, mulai dari teknologi, perdagangan hingga militer.



Hubungan kedua negara telah berada pada titik terendah dalam beberapa dekade terakhir dan percakapan telepon tersebut merupakan yang kedua sejak Biden menjabat sebagai presiden AS pada Januari lalu.

Gedung Putih, dalam sebuah pernyataan, mengatakan kedua pemimpin memiliki diskusi yang luas dan strategis. "Termasuk bidang di mana kepentingan kita bertemu, dan bidang di mana kepentingan, nilai, dan perspektif kita berbeda," kata Gedung Putih, Jumat (10/9/2021), seperti dilansir Reuters.

Seorang pejabat senior AS mengatakan percakapan telepon itu berfokus pada masalah ekonomi, perubahan iklim, dan COVID-19.

Media pemerintah China mengatakan percakapan itu "terus terang" dan "mendalam", dan menambahkan bahwa Presiden Xi Jinping mengatakan kebijakan AS tentang China menimbulkan kesulitan besar pada hubungan antara keduanya.

Laporan media China menyatakan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk menjaga kontak yang sering dan meminta tim tingkat kerja untuk meningkatkan komunikasi.

Pertemuan tingkat tinggi sesekali sejak panggilan telepon pertama Xi dan Biden pada bulan Februari telah menghasilkan sedikit kemajuan dalam banyak masalah, mulai dari perubahan iklim, hingga hak asasi manusia, dan transparansi tentang asal usul COVID-19.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)