Mengenal Lebih Dekat Para Pejabat Imarah Islam Afghanistan

Rabu, 08 September 2021 - 08:22 WIB
loading...
Mengenal Lebih Dekat Para Pejabat Imarah Islam Afghanistan
Perdana Menteri Imarah Islam Afghanistan Mullah Mohammad Hassan Akhund. Foto/istimewa
A A A
KABUL - Taliban telah mengumumkan pemerintahan baru sementara di Afghanistan, menyatakan negara itu sebagai "Imarah Islam".

Kabinet baru itu seluruhnya laki-laki, terdiri dari tokoh-tokoh senior Taliban. Beberapa orang di antaranya terkenal karena serangan terhadap pasukan Amerika Serikat (AS) selama dua dekade terakhir.

Pemerintahan ini dipimpin Mullah Mohammad Hassan Akhund, salah satu pendiri Taliban yang ada dalam daftar hitam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).



Menteri Dalam Negeri adalah pemimpin kelompok militan Haqqani yang diburu FBI, Sirajuddin Haqqani.



Taliban menguasai sebagian besar Afghanistan lebih dari tiga pekan lalu, menggulingkan kepemimpinan terpilih sebelumnya yang didanai Barat.



Pengumuman penjabat kabinet merupakan langkah kunci dalam pembentukan pemerintahan permanen Taliban. Kepemimpinan baru akan menghadapi tantangan yang besar, termasuk menstabilkan ekonomi dan mendapatkan pengakuan internasional.

Taliban sebelumnya mengatakan mereka ingin membentuk pemerintahan yang inklusif. Namun, semua menteri kabinet yang diumumkan pada Selasa sudah menjadi pemimpin Taliban yang mapan, dan tidak ada wanita yang disertakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)