Penerjemah yang Bantu Selamatkan Biden pada 2008, Tertinggal di Afghanistan

Rabu, 01 September 2021 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Aktivis dan jurnalis lokal, bagaimanapun, mengatakan kenyataan di lapangan sangat berbeda. Banyak laporan tentang penggeledahan rumah dan penangkapan orang-orang yang menurut janji Taliban tidak akan mereka balas.

Mohammed tidak menggunakan nama lengkapnya. Dia adalah penerjemah berusia 36 tahun untuk tentara AS pada 2008, ketika dua helikopter Black Hawk tentara AS melakukan pendaratan darurat di Afghanistan selama badai salju yang menyilaukan.

Helikopter itu membawa Senator Joe Biden, Senator Partai Demokrat John Kerry dan Senator Partai Republik Chuck Hagel.

“Sebagai tim keamanan swasta dengan mantan perusahaan Blackwater dan tentara AS memantau setiap pejuang Taliban di dekatnya, kru mengirimkan panggilan darurat untuk bantuan. Di Lapangan Udara Bagram. Mohammed melompat ke dalam Humvee dengan Pasukan Reaksi Cepat dari Divisi Lintas Udara ke-82 dan berkendara berjam-jam ke pegunungan terdekat untuk menyelamatkan mereka,” ungkap laporan WSJ.

Aplikasi visa Mohammed macet setelah kontraktor pertahanan tempat dia bekerja kehilangan catatan yang dia butuhkan untuk aplikasinya.

“Penerjemah Afghanistan itu mencoba bergabung dengan ribuan orang yang mengerumuni bandara Kabul dalam upaya naik ke salah satu penerbangan evakuasi ke luar negeri, tetapi dia ditolak oleh pasukan AS,” ungkap laporan WSJ.

Dia mengatakan bisa masuk ke pesawat tetapi pasukan AS tidak mengizinkannya membawa istri dan empat anaknya bersamanya.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2399 seconds (0.1#10.140)