Ini Penampakan Tentara Terakhir AS yang Tinggalkan Afghanistan

Selasa, 31 Agustus 2021 - 10:15 WIB
loading...
Ini Penampakan Tentara Terakhir AS yang Tinggalkan Afghanistan
Penampakan tentara terakhir Amerika Serikat yang meninggalkan Afghanistan. Foto/Twitter @18airbornecorps
A A A
WASHINGTON - Korps Lintas Udara XVIII Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) mem-posting foto tentara terakhir yang meninggalkan Afghanistan. Foto dipublikasikan ketika pasukan Amerika mempercepat evakuasi diri dari negara itu sebelum batas waktu 31 Agustus.

"Terkagum dengan Sky Dragon Soldiers [Prajurit Naga Langit] kami," tulis unit Angkatan Darat itu dalam posting foto di Twitter, Selasa (31/8/2021).



"Ini adalah misi yang sangat berat dan penuh tekanan yang dipenuhi dengan banyak kerumitan, dengan ancaman aktif sepanjang waktu. Pasukan kami menunjukkan ketabahan, disiplin, dan empati. Di bawah ini adalah gambar Prajurit terakhir yang meninggalkan Afghanistan," lanjut posting tersebut.

Posting itu melampirkan foto Mayor Jenderal Chris Donahue, komandan Divisi Lintas Udara ke-82, naik pesawat di malam hari, menandai prajurit terakhir yang hengkang dari Afghanistan.

Komandan Komando Pusat (CENTCOM) AS Jenderal Kenneth McKenzie mengumumkan pada Senin waktu Amerika bahwa anggota layanan AS terakhir telah meninggalkan Afghanistan, mengakhiri konflik militer terpanjang Amerika dalam hampir 20 tahun.

Namun berakhirnya keterlibatan Amerika di negara itu masih menyisakan pertanyaan yang harus dijawab, termasuk kemungkinan nasib ratusan orang Amerika yang terpaksa ditinggalkan pasukan AS ketika mereka pergi.



"Ada banyak patah hati yang terkait dengan kepergian ini," kata McKenzie. "Kami tidak mengeluarkan semua orang yang kami inginkan."

Militer juga meninggalkan peralatan, termasuk sistem C-RAM (kontra-artileri, artileri dan mortir) yang digunakan untuk mencegat serangan roket, beberapa Humvee lapis baja, dan beberapa pesawat.

Namun, McKenzie mengeklaim peralatan AS yang ditinggalkan di Afghanistan tidak mampu untuk menjalankan misi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)