Dua Bom Guncang Bandara Kabul saat Evakuasi, Banyak Korban Berjatuhan

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 00:41 WIB
loading...
A A A
Para pejabat AS mengatakan Taliban telah bekerja sama dengan upaya evakuasi.



Namun pejabat AS dan sekutu mengatakan pada hari terakhir bahwa mereka memiliki informasi intelijen bahwa pembom bunuh diri yang terkait dengan kelompok ISIS di Afghanistan atau ISIS Khorasan (IS-K) mengancam akan menyerang bandara menjelang tanggal 31 Agustus, tenggat waktu bagi Washington untuk menyelesaikan evakuasi.

Kelompok IS-K diketahui berselisih dengan Taliban.

Sebelumnya pada hari Kamis, Menteri Angkatan Bersenjata Inggris James Heappey menyebut ancaman itu "sudah dekat."

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan setelah ledakan bahwa mereka "bekerja segera" untuk memahami apa yang terjadi dan bagaimana hal itu akan berdampak pada operasi evakuasi.

“Perhatian utama kami tetap pada keselamatan personel kami, warga Inggris, dan warga Afghanistan. Kami berhubungan dekat dengan AS dan sekutu NATO lainnya di tingkat operasional untuk tanggapan langsung atas insiden ini,” kata kementerian itu.

Sebagian besar negara anggota koalisi pimpinan AS mengatakan Kamis bahwa mereka telah mengakhiri atau akan segera mengakhiri penerbangan evakuasi mereka sendiri dari Bandara Internasional Hamid Karzai.

Jumlah total orang yang telah dibawa keluar dari pusat yang dikendalikan AS sejak pengangkutan udara internasional dimulai pada 14 Agustus mencapai 95.700 orang pada Kamis, termasuk warga Afghanistan dan warga negara asing.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)