Taliban Eksekusi Seorang Kepala Polisi Afghanistan, Padahal Janji Tak Balas Dendam

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 06:53 WIB
loading...
A A A
Taliban dilaporkan telah memperoleh akses ke sistem komputer pemerintah dan mulai mencari warga Afghanistan yang membantu pasukan sekutu atau pun pemerintah sipil.

Kembalinya Taliban ke kekuasaan terjadi hampir dua dekade setelah mereka digulingkan oleh invasi NATO pimpinan AS setelah serangan 11 September 2001 di Amerika.

Kelompok tersebut telah berjanji untuk tidak membalas dendam terhadap lawan dan akan menghormati hak-hak perempuan, tetapi ada kekhawatiran global yang besar tentang catatan hak asasi manusia brutal mereka di masa lalu, dan sekitar puluhan ribu warga Afghanistan masih berusaha melarikan diri.

Ketika Taliban bergerak untuk membentuk pemerintahan baru, pemimpin mereka Haibatullah Akhundzada telah memerintahkan pembebasan "tahanan politik". Kelompok itu mengatakan kepada gubernur provinsi untuk membebaskan para tahanan tanpa batasan atau kondisi apa pun.



Kelompok pemantau terorisme, SITE, melaporkan negosiator Taliban Anas Haqqani bertemu dengan Hamid Karzai, pemimpin Afghanistan pertama yang didukung Barat setelah penggulingan Taliban pada 2001, dan Abdullah Abdullah, yang memimpin dewan perdamaian pemerintah.

"Para pemimpin Taliban telah mengatakan bahwa mereka memaafkan semua mantan pejabat pemerintah dan dengan demikian tidak perlu bagi siapa pun untuk meninggalkan negara itu,” kata SITE, setelah Taliban menerbitkan gambar pertemuan Haqqani dengan Karzai di Kabul.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)