Mudah Rebut Afghanistan, Ini Sumber Uang Taliban

Kamis, 19 Agustus 2021 - 01:57 WIB
loading...
A A A
"Itu adalah fakta bahwa mereka bersatu dan mereka percaya pada sesuatu, pada dasarnya itulah alasan utama," katanya.

“Jika itu hanya tentang uang maka pemerintah Afghanistan bisa mengalahkan mereka dengan mudah karena mendapat dukungan keuangan dalam jumlah besar dari Barat.”

Yang Terjadi di Masa Depan

Pasukan pemerintah dan tentara Afghanistan runtuh tanpa dukungan militer AS, yang menyerbu pada 2001 setelah serangan 11 September 2001 dan menggulingkan Taliban karena dukungannya terhadap al-Qaeda.

AS akhirnya gagal membangun pemerintahan demokratis yang mampu menahan Taliban, meskipun menghabiskan USD82 miliar dan memberikan dukungan militer selama dua dekade.

Miller memperkirakan pemerintahan Taliban akan cukup stabil karena Amerika Serikat tidak akan mundur dan berpikir akan sulit untuk mengatur perlawanan apa pun terhadap mereka.

Namun, dia skeptis tentang tawaran damai yang telah dibuat Taliban, seperti tidak menggunakan kekerasan.

“Sayangnya, banyak orang akan terbunuh dengan cara yang sangat tidak menyenangkan dan dalam hal dampaknya terhadap terorisme, saya pikir mereka masih cukup dekat dengan al-Qaeda dan itu bisa memberi al-Qaeda basis baru, mirip dengan apa yang mereka miliki sebelum 9/11,” katanya.

“Ini juga akan memberikan dorongan moral yang besar bagi gerakan jihad global yang telah mendapat pukulan besar dalam beberapa tahun terakhir.”

Dia menambahkan itu juga merupakan kemenangan bagi China dan Rusia. "Yang tampaknya cukup senang memiliki Taliban kembali berkuasa,” katanya. Menurutnya, kedua negara itu belum mengevakuasi kedutaan mereka tidak seperti negara-negara Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)