Mudah Rebut Afghanistan, Ini Sumber Uang Taliban

Kamis, 19 Agustus 2021 - 01:57 WIB
loading...
Mudah Rebut Afghanistan, Ini Sumber Uang Taliban
Para milisi Taliban menduduki istana presiden Afghanistan setelah Presiden Ashraf Ghani melarikan diri, Minggu (15/8/2021). Foto/Screenshot Al Jazeera/Twitter @latikambourke
A A A
KABUL - Taliban mengeklaim kemenangan di Afghanistan dengan menyatakan perang telah berakhir. Kelompok itu dengan mudah merebut kendali negara tersebut setelah tentara Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO-nya hengkang.

Taliban dilaporkan memiliki dana perang senilai USD1,6 miliar untuk membiayai perjuangannya di Afghanistan, dengan jutaan berasal dari perdagangan obat-obatan terlarang atau narkoba, sumbangan, dan bisnis real estate.



Taliban membutuhkan waktu kurang dari dua minggu untuk menguasai Afghanistan lagi setelah pasukan asing ditarik, dan ada prediksi bahwa kelompok militan itu akan bekerja sama dengan China di masa depan.

Charles Miller, dosen senior hubungan internasional di Universitas Nasional Australia, mengatakan setelah Taliban mengambil alih Afghanistan, ada kemungkinan kelompok itu akan mendapatkan lebih banyak uang juga melalui kemitraan dengan China.

“China telah membuat tawaran kepada Taliban untuk beberapa waktu sekarang. Saya pikir orang China ingin memulai bisnis dengan Taliban dan salah satu alasannya adalah Afghanistan memiliki sumber daya alam yang cukup banyak, terutama lithium yang digunakan dalam baterai dan bijih besi,” katanya kepada news.com.au, Rabu (18/8/2021).

“Meskipun cadangannya tidak sebesar yang dimiliki Australia, jika China dan Taliban bersahabat satu sama lain, China memiliki sumber yang lebih dekat dan lebih dapat diandalkan daripada Australia, jadi saya pikir Taliban mungkin akan memiliki sumber uang yang lebih baik. Itu tidak akan mengejutkan karena mereka mengundang perwakilan Taliban ke Beijing satu atau dua bulan yang lalu," paparnya.

Menurut hitung-hitungan NATO, menambang bijih besi, marmer, tembaga, emas, seng dan logam lainnya serta mineral tanah jarang (rare earth) di pegunungan Afghanistan menghasilkan pendapatan bagi Taliban sekitar USD460 juta. Menurut NATO, perusahaan-perusahaan tambang akan membayar sehingga kelompok Taliban mengizinkan mereka untuk tetap beroperasi.

Miller mencatat kemitraan China akan membutuhkan Taliban untuk menghabiskan banyak uang untuk membangun infrastruktur untuk menambang bahan dari tanah serta berinvestasi dalam transportasi untuk membawanya kembali ke China, sehingga kemitraan tidak akan terjadi segera tetapi bisa berada di kartu di masa depan.

Sumber Uang Taliban

Sumber pendapatan Taliban diungkapkan oleh Mullah Yaqoob, putra mendiang pemimpin spiritual Taliban Mullah Mohammad Omar, dalam sebuah laporan rahasia yang ditugaskan oleh NATO dan kemudian diperoleh oleh Radio Free Europe/Radio Liberty.

Untuk akhir tahun keuangan Maret 2020, selain dari pertambangan, Taliban meraup USD416 juta dari perdagangan opium dan sumbangan amal senilai USD240.



Ekspor juga bernilai USD240 juta, sementara real estate menyumbang USD80 juta, menurut pakar keuangan Taliban Hanif Sufizada dari Universitas Nebraska Omah.

Sufizada, dalam tulisannya di The Conservation, menyatakan Afghanistan menyumbang sekitar 84 persen dari produksi opium global selama lima tahun yang berakhir pada tahun 2020, di mana banyak dari keuntungan obat terlarang itu diberikan kepada Taliban, dengan kelompok itu mengenakan pajak 10 persen pada setiap mata rantai dalam rantai produksi obat.

“Itu termasuk petani Afghanistan yang membudidayakan opium, bahan utama opium, laboratorium yang mengubahnya menjadi obat dan pedagang yang memindahkan produk akhir ke luar negeri,” katanya.

Miller mengatakan salah satu alasan mengapa Taliban begitu sukses adalah karena kemitraannya dengan perdagangan opium.

“Afghanistan adalah salah satu produsen utama opium mentah dunia dan karena Barat memutuskan dengan benar sekitar tahun 2005 bahwa mereka akan mulai membatasi perdagangan narkoba...itu menarik perdagangan opium ke tangan Taliban,” jelasnya.

“Keduanya mendapat kecaman dari NATO dan Amerika Serikat , jadi wajar untuk bersekutu dengan Taliban melindungi keuntungan perdagangan opium dari pemerintah Barat dan Afghanistan.”

Menurutnya, orang-orang Taliban mengenakan pajak dan industri dan secara mengejutkan bahkan mengeluarkan tanda terima resmi pembayaran pajak.

“Industri yang dikenakan pajak termasuk operasi pertambangan, media, telekomunikasi dan proyek pembangunan yang didanai oleh bantuan internasional,” tulisnya.

“Pengemudi juga dikenakan biaya karena menggunakan jalan raya di wilayah yang dikuasai Taliban, dan pemilik toko membayar Taliban untuk hak melakukan bisnis.”

Miller juga menggambarkan Taliban sebagai organisasi keagamaan fanatik yang sangat bermotivasi ideologis, yang bersedia memberikan perlindungan bagi bisnis, apakah mereka ilegal atau tidak.

“Argumennya kira-kira seperti ini: jika Anda mengangkut barang di sekitar Afghanistan, negara seperti itu sudah sangat tidak aman untuk waktu yang lama, Anda jelas harus sangat berhati-hati dengan apa yang Anda lakukan dan mungkin perlu membayar uang perlindungan ke berbagai orang di sepanjang jalan,” katanya.

“Keuntungannya adalah Taliban sangat bersatu, jadi jika Anda membayar sejumlah tertentu, potongan keuntungan Anda kepada Taliban, mereka pada dasarnya akan dapat menjamin perjalanan yang aman melalui semua wilayah. Sedangkan jika Anda membayar pemerintah Afghanistan atau milisi non-Taliban lokal, mereka tidak dapat menjamin bahwa para milisi mereka di darat akan menjarah barang-barang. Pemerintah Afghanistan dan milisi lainnya tidak memiliki banyak kendali atas bawahan mereka, orang-orang lokal di lapangan, sedangkan Taliban melakukannya.”

Adapun kontribusi amal, menurut Sufizada, banyak sumbangan Taliban berasal dari badan amal dan perwalian swasta yang berlokasi di negara-negara Teluk Persia dan berada dalam daftar kelompok yang mendanai terorisme oleh Departemen Keuangan AS.

“Warga swasta dari Arab Saudi, Pakistan, Iran dan beberapa negara Teluk Persia juga membantu membiayai Taliban, menyumbang USD60 juta per tahun untuk Jaringan Haqqani yang berafiliasi dengan Taliban, menurut badan kontra-terorisme Amerika,” tulisnya.

Taliban, sambung dia, juga memiliki real estate di Afghanistan, Pakistan dan kemungkinan negara lain.

Pemerintah Afganistan

Sementara itu, pemerintah Afghanistan menghasilkan USD5,55 miliar selama periode keuangan yang sama dengan Taliban, tetapi Miller dengan cepat menunjukkan bahwa bukan uang yang memungkinkan mereka untuk mengambil alih Afghanistan.

"Itu adalah fakta bahwa mereka bersatu dan mereka percaya pada sesuatu, pada dasarnya itulah alasan utama," katanya.

“Jika itu hanya tentang uang maka pemerintah Afghanistan bisa mengalahkan mereka dengan mudah karena mendapat dukungan keuangan dalam jumlah besar dari Barat.”

Yang Terjadi di Masa Depan

Pasukan pemerintah dan tentara Afghanistan runtuh tanpa dukungan militer AS, yang menyerbu pada 2001 setelah serangan 11 September 2001 dan menggulingkan Taliban karena dukungannya terhadap al-Qaeda.

AS akhirnya gagal membangun pemerintahan demokratis yang mampu menahan Taliban, meskipun menghabiskan USD82 miliar dan memberikan dukungan militer selama dua dekade.

Miller memperkirakan pemerintahan Taliban akan cukup stabil karena Amerika Serikat tidak akan mundur dan berpikir akan sulit untuk mengatur perlawanan apa pun terhadap mereka.

Namun, dia skeptis tentang tawaran damai yang telah dibuat Taliban, seperti tidak menggunakan kekerasan.

“Sayangnya, banyak orang akan terbunuh dengan cara yang sangat tidak menyenangkan dan dalam hal dampaknya terhadap terorisme, saya pikir mereka masih cukup dekat dengan al-Qaeda dan itu bisa memberi al-Qaeda basis baru, mirip dengan apa yang mereka miliki sebelum 9/11,” katanya.

“Ini juga akan memberikan dorongan moral yang besar bagi gerakan jihad global yang telah mendapat pukulan besar dalam beberapa tahun terakhir.”

Dia menambahkan itu juga merupakan kemenangan bagi China dan Rusia. "Yang tampaknya cukup senang memiliki Taliban kembali berkuasa,” katanya. Menurutnya, kedua negara itu belum mengevakuasi kedutaan mereka tidak seperti negara-negara Barat.

“Saya pikir orang China cukup senang karena mereka berada di sana dan mungkin saja Taliban akan berusaha untuk bergabung dengan mereka, tetapi sangat jauh di depan,” katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)