Terowongan Hizbullah Dapat Dilewati Truk Pick-up dengan Peluncur Roket

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 05:01 WIB
loading...
Terowongan Hizbullah Dapat Dilewati Truk Pick-up dengan Peluncur Roket
Cuplikan video terowongan Hizbullah yang dapat dilalui mobil di Lebanon. Foto/youtube/alma center
A A A
BEIRUT - Setelah Perang Gaza 2014, penemuan terowongan yang digali organisasi Hamas mendorong Pasukan Pertahanan Israel (IDF) meningkatkan pencarian terowongan lintas batas Hizbullah.

Pada 2013, penduduk setempat di Israel utara melaporkan mendengar bunyi penggalian, tetapi tidak ada yang ditemukan.

Pasukan Pertahanan Israel akhirnya menggunakan sensor seismik dan sistem radar untuk menemukan struktur terowongan bawah tanah itu pada 2018.



“Sistem terowongan Hizbullah antar-wilayah yang luas yang menghubungkan berbagai bagian Lebanon dirancang untuk dengan cepat dan diam-diam memindahkan personel dan senjata, menghindari Pasukan Pertahanan Israel,” ungkap laporan yang dirilis lembaga analis Alma Center.



Dalam laporan berjudul "Land of tunnels" yang dirilis pada 12 Agustus, temuan independen yang belum ditegaskan itu menyatakan sistem terowongan digambarkan cukup besar untuk dilewati truk pick-up dengan peluncur roket multi-barel.



“Mungkin menghubungkan daerah Beirut, markas pusat Hizbullah, dan daerah Beqaa ke Lebanon Selatan, terowongan itu dapat memungkinkan ratusan pejuang, lengkap, untuk lewat diam-diam dan cepat di bawah tanah," ungkap klaim organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk meneliti tantangan keamanan di perbatasan utara Israel.

“Struktur bawah tanah itu juga dikatakan dapat menampung pergerakan sepeda motor, ATV, dan kendaraan kecil lainnya untuk tujuan memperkuat posisi pertahanan atau untuk melakukan serangan dengan cara yang aman, terlindungi, dan tidak terlihat,” papar laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)