Menhan Inggris Khawatir Afghanistan Jadi Negara Gagal, Surga Para Teroris

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 17:00 WIB
loading...
Menhan Inggris Khawatir Afghanistan Jadi Negara Gagal, Surga Para Teroris
Wallace mengatakan bahwa dia khawatir Afghanistan bergerak menuju negara gagal dan menjadi tempat berkembang biak bagi teroris seperti al Qaeda. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Menteri pertahanan Inggris , Ben Wallace mengatakan bahwa dia khawatir Afghanistan bergerak menuju negara gagal. Menurutnya, jika ini terjadi, maka Afghanistan dapat menjadi tempat “berkembang biak” bagi teroris seperti al Qaeda yang mungkin akan kembali.

“Saya benar-benar khawatir bahwa negara-negara gagal adalah tempat berkembang biak bagi orang-orang seperti itu. Al Qaeda mungkin bisa kembali,” ucap Wallace, seperti dilansir Reuters pada Jumat (13/8/2021).

Wallace mengatakan, Barat harus memahami bahwa mereka tidak dapat secara instan memperbaiki negara-negara seperti Afghanistan, tetapi harus mengelola situasi.

Dia juga mengatakan bahwa kota terbesar kedua di Afghanistan, Kandahar dan kota Lashkar Gah, saat ini sudah hampir pasti berada di bawah kendali Taliban. s

Sebelumnya, Richard Barrons, mantan kepala Komando Pasukan GabunganInggris,menyebut penarikan pasukan asing dariAfghanistansebagai "kesalahan strategis". Dia memperingatkan bahwa hal ini bisa membahayakan Eropa.

Barrons memperingatkan kemungkinan konsekuensi luas dari penarikan itu, dengan kemungkinan teroris dapat menjadikan Afghanistan “laboratorium” untuk melancarkan serangan di Eropa dan tempat lain di dunia.

“Kita akan menanggung risiko dengan entitas teroris kembali muncul di Afghanistan untuk membawa kerugian di Eropa dan di tempat lain, jadi saya pikir ini adalah hasil strategis yang sangat buruk,” ujarnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)