Berencana Bunuh Utusan untuk PBB, AS Tangkap Dua Pria Myanmar

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 06:22 WIB
loading...
Berencana Bunuh Utusan untuk PBB, AS Tangkap Dua Pria Myanmar
AS tangkap dua pria Myanmar karena berencana membunuh utusan untuk PBB. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Dua warga negara Myanmar telah ditangkap di New York karena bersekongkol dengan seorang pedagang senjata di Thailand - yang menjual senjata kepada militer Myanmar - untuk membunuh atau melukai Duta Besar Myanmar untuk PBB . Demikian pengumuman yang keluarkan pihak berwenang Amerika Serikat (AS).

Duta Besar Myanmar untuk PBB Kyaw Moe Tun, yang mewakili pemerintah sipil terpilih Myanmar yang digulingkan oleh militer pada Februari, mengatakan bahwa dirinya telah menerima ancaman dan pihak berwenang AS telah meningkatkan keamanan untuknya.

Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Selatan New York mengatakan bahwa Phyo Hein Htut (28) dan Ye Hein Zaw (20), masing-masing telah didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk menyerang dan melakukan serangan kekerasan terhadap seorang pejabat asing, yang diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun.



Kyaw Moe Tun tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan tersebut. Junta Myanmar memecatnya pada bulan Februari, tetapi untuk saat ini dia tetap menjadi utusan negara itu untuk PBB karena PBB belum mengakui junta.

Menurut pengaduan hukum, Phyo Hein Htut mengatakan kepada penyelidik FBI bahwa pedagang senjata di Thailand telah menghubunginya secara online dan menawarkan uang untuk menyewa seseorang untuk melukai Duta Besar Myanmar dan memaksanya mundur.

"Jika duta besar tidak mundur, maka pedagang senjata mengusulkan agar para penyerang membunuhnya," menurut pengaduan itu seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (7/8/2021).

Phyo Hein Htut dan pedagang senjata itu kemudian menyetujui rencana untuk merusak mobil duta besar agar menyebabkan kecelakaan.



Ye Hein Zaw kemudian menghubungi Phyo Hein Htut dan melakukan dua transfer uang dengan total USD4.000 pada akhir Juli. Phyo Hein Htut mengatakan kepada FBI bahwa dia seharusnya menerima tambahan USD1.000 setelah serangan itu selesai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)